Oktavianus, Yulius (2014) Pragmatic Analysis on the slogans of Cosmetics Advertisement. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas slogan-slogan di dalam iklan kosmetik. Pembahasan tersebut meliputi makna pragmatik dalam slogan-slogan iklan kosmetik dan tujuan penggunaan slogan-slogan dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskripif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kemasan-kemasan produk kosmetik, video-video iklan di internet, dan situs-situs kosmetik. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berbentuk kata-kata dan kalimat-kalimat yang mengandung makna pragmatik yang ditemukan dalam iklan kosmetik. Penelitian ini menerapkan total sampling. Jadi, semua data dianalisis satu per satu. Untuk menemukan makna pragmatik dalam slogan-slogan iklan kosmetik, penulis menggunakan metode padanan pragmatik. Demikian pula untuk mejelaskan tujuan-tujan penggunaan slogan-slogan dalam iklan kosmetik, metode padanan pragmatik juga diterapkan. Berdasarkan makna pragmatiknya slogan-slogan dalam iklan kosmetik berhubungan dengan prestise produk, kealamian produk, dan manfaat produk. Selanjutnya, bekaitan dengan tujuan penggunaannya, slogan-slogan dalam iklan kosmetik digunakan untuk menjelaskan keunggulan produk-produk yang diiklankan, menyarankan publik untuk membeli produk-produk yang diiklankan, menstimulasi publik untuk menggunakan produk-produk yang diiklankan, meyakinkan publik untuk membeli produk-produk yang diiklankan, dan membangun kepercayaan publik terhadap produk-produk yang diiklankan. Hasil penelitian ini menunjukkan makna pragmatik yang berhubungan dengan prestise produk merupakan yang terbanyak, sedangkan makna pragmatik yang berhubungan dengan kealamian produk merupakan yang paling sedikit. Sementara berhubungan dengan tujuan penggunaannya sebagian besar slogan digunakan untuk menstimulasi public untuk menggunakan produk yang diiklankan, sedangkan hanya sedikit yang digunakan membangun kepercayaan publik terhadap produk-produk yang diiklankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Faculty of Literature Faculty of Literature > English Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra > Prodi Sastra Inggris |
Depositing User: | (staf) Widyawan L. Indra Padma |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 02:52 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 02:52 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1765 |
Actions (login required)
View Item |