Pengaruh kualitas kepribadian konselor dan sikap empati konselor terhadap keberhasilan proses konseling

Surawan, Surawan (2014) Pengaruh kualitas kepribadian konselor dan sikap empati konselor terhadap keberhasilan proses konseling. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (715kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (40kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh para siswa di sekolah sering kali tidak dapat dihindari, meski dengan pengajaran yang baik sekalipun. Hal ini disebabkan oleh sumber permasalahan siswa banyak berasal dari luar sekolah. Permasalahan ini dapat menjadi hambatan/tekanan yang mengganggu kelancaran studi siswa di sekolah. Oleh karena itu, siswa membutuhkan tempat atau media yang dapat membantunya mengatasi permasalahan yang mengganggu kehidupannya baik masalah belajar, keluarga, sosial, dan masalah lainnya. Di samping kegiatan pengajaran di sinilah dirasakan perlunya pelayanan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kepribadian konselor dan sikap empati konselor berpengaruh terhadap keberhasilan proses konseling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 9 Madiun tahun ajaran 2013/2014 yang pernah mendapat layanan konseling pada bulan Januari 2013 - Oktober 2013 sebanyak 95 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah sampling jenuh. Data diperopleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala kualitas kepribadian konselor, skala sikap empati konselor, dan skala keberhasilan proses konseling. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu:1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi: kualitas kepribadian konselor berpengaruh terhadap keberhasilan proses konseling, 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: sikap empati konselor berpengaruh terhadap keberhasilan proses konseling. 3) Hipotesis mayor berbunyi: kualitas kepribadian konselor dan sikap empati konselor berpengaruh terhadap keberhasilan proses konseling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Model persamaan garis regresi Y = 56.742 - 0.042 + 0.529 hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa: 1) kualitas kepribadian konselor berpengaruh terhadap keberhasilan proses konseling, yang terbukti t hit=-0.520 dan t tabel=1.990, 2) sikap empati konselor berpengaruh terhadap keberhasilan proses konseling, yang terbukti t hit=5.873 dan t tabel=1.990, 3) kualitas kepribadian konselor dan sikap empati konselor berpengaruh terhadap keberhasilan proses konseling, yang terbukti karena F hit= 17.249 dan F tabel=2.315. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) karena t hit > t tabel=1.990 maka hipotesis minor pertama diterima. 2) karena t hit > t tabel =1.990 maka hipotesis minor kedua diterima. 3) karena F hit > F tabel =2,315 maka hipotesis mayor diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keberhasilan proses konseling, kualitas kepribadian konselor, sikap empati konselor
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: (staf) Widyawan L. Indra Padma
Date Deposited: 14 Apr 2021 03:31
Last Modified: 14 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item View Item