Analisis penggunaan kalimat efektif siswa kelas II SMUN 5 Madiun dalam karangan deskripsi tahun pembelajaran 1998-1999

Tugaswati, Endang Sri (1998) Analisis penggunaan kalimat efektif siswa kelas II SMUN 5 Madiun dalam karangan deskripsi tahun pembelajaran 1998-1999. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (349kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (332kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis penggunaan kalimat efektif siswa kelas II SMUN 5 Madiun pada karangan deskripsi tahun pembelajaran 1998-1999. Berdasarkan judul di atas maka penelitian dititik beratkan pada kalimat siswa. Dari kalimat yang dibuat oleh siswa tersebut dianalisis tentang kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi atau diperbuat oleh siswa dalam menggunakan kalimat efektif dengan baik dan benar. Dalam kenyataanya masih banyak pemakai bahasa yang tidak mematuhi aturan berbahasa, baik secara lisan maupun secara tulis. Melihat kenyataan ini maka guru bahasa Indonesia pada khususnya dan guru bidang studi lain pada umumnya, berkewajiban untuk selalu memperhatikan bahasa siswa baik lisan maupun tulis, sehingga akan tercapai tujuan pengajaran bahasa yang sebenarnya. Salah satu tujuan pengajaran bahasa di sekolah adalah agar siswa terampil menulis. Yang dimaksud terampil menulis adalah terampil menggunakan bahasa secara tertulis dengan memperhatikan kaidah bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa baku. Untuk mengetahui apakah tujuan pengajaran bahasa tersebut tercapai, maka penulis mengadakan penelitian tentang penggunaan kalimat siswa pada karangan deskripsi. Dari karangan tersebut dapat diketahui sampai dimana siswa dapat menggunakan kalimat dengan baik dan benar. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas II SMU 5 Madiun tentang penggunaan kalimat efektif pada karangan deskripsi. 2. Untuk memperoleh gambaran tentang seberapa jauh kemampuan siswa kelas II SMU 5 Madiun dalam menggunakan kalimat efektif. 3. Untuk memberi gambaran mengenai berhasil tidaknya belajar mengajar khususnya bidang studi bahasa Indonesia, sehingga dapat menentukan langkah pembinaan dan peningkatan. Berdasarkan tujuan penelitian di atas maka untuk menguji kemampuan siswa kelas dalam berbahasa dengan menggunakan kalimat efektif, penulis menggunakan metode deskriptif dengan cara menganalisis data yang berupa kalimat efektif siswa pada karangan deskripsi. Dalam memberikan tes mengarang, penulis memberikan tema “ Kemandirian siswa dalam berbagai aspek”. Dari tema tersebut siswa dapat menentukan judul sesuai dengan tema. Tidak semua karangan siswa kelas II akan diteliti. Penelitian dilakukan pada sejumlah karangan yang terpilih sebagai sampel. Sampel sebanyak 10 % dari jumlah siswa kelas II, Jika jumlah siswa kelas II ada 320 siswa, maka akan diambil sampel sebanyak 32 siswa . setiap sampel akan diteliti tentang penggunaan kalimat efektifnya dari unsur ejaan, pilihan kata, struktur kalimat dan koherensinya. Kesalahan dari keempat unsur tersebut disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian dapat digunakan untuk mengetahui sampai dimana siswa dapat menggunakan kalimat efektif dalam karangan dengan baik dan benar, ditinjau dari keempat unsur diatas. Setelah diadakan penelitian kalimat efektif dari keempat unsur tersebut , yaitu unsur ejaan, pilihan kata, struktur kalimat dan koherensi, maka hasilnya dapat diketahui sebagai berikut: a. Penggunaan kalimat efektif siswa kelas II SMUN 5 Madiun dari unsur kesalahan ejaan, terdapat 48 kesalahan kalimat. Nilai cukup. b. Penggunaan kalimat efektif siswa kelas II SMUN MAdiun dari unsur kesalahan pilihan kata, terdapat 89 kesalahan kalimat. Nilai kurang. c. Penggunaan kalimat efektif siswa kelas II dari unsur kesalahan struktur kalimat, terdapat 32 kesalahan kalimat. Nilai cukup d. Penggunaan kalimat efektif siswa kelas II dari unsur kesalahan koherensi terdapat 72 kesalahan. Nilai kurang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa kelas II SMUN 5 Madiun kurang memahami penggunaan kalimat efektif dari unsur pilihan kata dan koherensi. Sedangkan dari unsur ejaan dan struktur kalimat rata-rata cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kalimat efektif, karangan deskripsi, mengarang
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:22
Last Modified: 29 Nov 2022 04:22
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item