Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta (BEJ)

Sumarmi, Chrystiana (2005) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Metode penentuan harga saham yang wajar didasarkan pada suatu analisis yang dikenal dengan analisis teknik dan analisis fundamental. Analisis teknik adalah analisis yang menggunakan catatan harga saham di masa lalu dan mencari siklus tentang perubahan harga di waktu lalu, sedangkan analisis fundamental adalah analisis yang didasarkan pada informasi yang diterbitkan perusahaan. Kinerja keuangan suatu badan usaha dapat dinilai dengan melakukan anaisis dari laporan keuangan yang di terbitkan. Contoh indikator keuangan tersebut adalah Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER). Earning Per Share mengandung informasi penting untuk memprediksi besarnya deviden per saham dan tingkat harga di kemudian hari. Sedangkan Price Earning Ratio merupakan rasio sebagai indikasi penilaian pasar modal terhadap keuntungan potensial di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta (BEC) periode tahun 2001-2002 Penelitian ini berbentuk riset dengan menggunakan data sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 30 perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan secara berkala mulai tahun 2001-2002. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastistas), dan uji hipotesis ( regresi linier berganda, uji t, uji F dengan tingkat signifikan 5%). Berdasarkan uji F memnunjukkan bahwa EPS dan PER secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang go public di BEJ, sedangkan PER secara persial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang go public di BEJ, sedangkan PER secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang go publicdi BEJ. Jadi penelitian ini bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa EPS dan PER mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun persial terhadap harga saham pada perusahaan rokok yang go public di BES. Bagi peneliti selanjutnya dapat memasukkan variabel-variabel lain dan dapat menggunakan sampel lain selain perusahaan manufaktur, serta bagi investor sebaiknya mempertimbangkan kinerja keuangan perusahaan, reputasi manajemen perusahaan, dan prospek perusahaan dimasa mendatang yang sahamnya diminati. Investor juga harus berhati-hati dalam mengambil keputusan untuk memperdagangkan sahamnya baik itu membeli maupun menjual saham yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: earning per share, price earning ratio, harga saham
Subjects: Faculty of Economics
Faculty of Economics > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:32
Last Modified: 11 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item View Item