Faktor-faktor yang mempengaruhi earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Hendrikus, Jasinta (2011) Faktor-faktor yang mempengaruhi earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi yang berguna bagi pihak internal dan pihak eksternal untuk menunjukkan kondisi dan kinerja perusahaan dan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.Laba yang dipublikasikan dapat memberikan respon yang bervariasi, yang menunjukkan reaksi pasar terhadap informasi laba. Kuatnya reaksi pasar terhadap informasi laba tercermin dari tingginya Earnings Response Coefficient (ERC), Tujuan penelitian ini untuk membuktikan secara empiris bahwa terdapat pengaruh persistensi laba,struktur modal, beta, kesempatan bertumbuh, ukuran perusahaan, dan kualitas auditor terhadap Earnings Response Coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode hubungan kausalitas. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2005-2009 sebanyak 42 perusahaan yang memiliki laporan keuangan lengkap. Sebelum melakukan pengujian hipotesis dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedastiditas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda,meliputi uji t (uji parsial) dan uji F (uji simultan) dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05. Hasil pengujian data dengan uji t untuk pengujian secara parsial menunjukkan variabel persistensi laba, risiko/beta, kesempatan bertumbuh, dan kualitas auditor berpengaruh signifikan terhadap ERC, sedangkan struktur modal dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap ERC. Hasil pengujian data dengan uji F untuk pengujian secara simultan menunjukkan bahwa persistensi laba, struktur modal, risiko/beta, kesempatan bertumbuh, ukuran perusahaan, dan kualitas auditor berpengaruh signifikan terhadap ERC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Earnings response coefficient, persistensi laba, struktur modal, beta, kesempatan bertumbuh, ukuran perusahaan, kualitas auditor
Subjects: Faculty of Economics
Faculty of Economics > Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:01
Last Modified: 22 Apr 2024 02:01
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item