Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Primasari, Yunita (2012) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Salah satu karakteristik kualitatif dalam penyampaian laporan keuangan adalah relevan, yang perwujudannya dapat dilihat dari ketepatwaktuan pelaporan. Ketepatwaktuan ini dapat dilihat dari audit delay, yaitu waktu antara tanggal tutup buku hingga tanggal laporan auditor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah ada perbedaan audit delay ditinjau dari ukuran perusahaan, debt to assets ratio (DAR), rugi/laba, audit opinion, dan ukuran KAP pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan 61 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria penelitian, tahun yang digunakan adalah 2007 sampai 2009. Untuk membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian One way ANOVA dan uji Independent t-test dengan menggunakan SPSS 17. Hasil pengujian pada penelitian ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan audit delay ditinjau dari segi ukuran perusahaan, debt to assets ratio(DAR), rugi/laba, dan audit opinion. Sedangkan ditinjau dari segi ukuran KAP menunjukkan adanya perbedaan audit delay dilihat dari segi KAP yang berafiliasi dan yang tidak berafiliasi dengan KAP Big Four.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: audit delay, total revenue, audit opinion, dan ukuran KAP
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Monica Utik
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:05
Last Modified: 18 Jun 2019 03:05
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item