Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan melakukan pemilihan metode akuntansi persediaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI)

Sinaga, Riyanti Sarinah Debora (2010) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan melakukan pemilihan metode akuntansi persediaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Other thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris apakah struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, financial leverage, variabilitas persediaan, rasio lancar, dan rasio perputaran persediaan terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Struktur kepemilikan menggunakan variabel dummy, 1 untuk manajer yang memiliki saham dan 0 untuk manajer yang tidak memiliki saham, ukuran perusahaan diukur dengan rata-rata total penjualan bersih, financial leverage diukur dengan membagi hutang jangka panjang dengan equity, variabilitas persediaan diukur dengan koefisien variasi persediaan, rasio lancar dihitung dengan membagi aktiva lancar dengan hutang lancar, dan rasio perputaran persediaan diukur dengan membagi harga pokok penjualan dengan persediaan rata-rata. Pemilihan metode akuntansi persediaan menggunakan variabel dummy, 1 untuk metode Rata-rata dan 0 untuk metode FIFO. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2004 sampai tahun 2008. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan analisis logit regresion. Berdasarkan analisis logit regresion, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan rasio perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan. Sedangkan struktur kepemilikan, financial leverage, variabilitas persediaan dan rasio lancar tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, rasio keuangan, pemilihan metode akuntansi persediaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Monica Utik
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:01
Last Modified: 04 Jul 2019 04:01
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item