Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II

Aprilianingrum, Elizabet Bella (2019) Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Madala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPK Santo Bernardus Madiun, dengan jumlah 21 siswa. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) persentase aktivitas guru mengajar yang sesuai dengan tahap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada siklus I pertemuan I sebesar 53,85% mengalami peningkatan pada pertemuan II menjadi 76,92%. Selanjutnya persentase aktivitas guru mengajar yang sesuai dengan tahap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada siklus II pertemuan 1 sebesar 85,62% mengalami penurunan pada pertemuan 2 menjadi 76,92%. (2) persentase siswa yang mencapai kategori aktif dan sangat aktif saat pembelajaran dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada siklus I mencapai 12,5% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 43,75%, namun belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. (3) persentase hasil tes prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I mencapai 6,25% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 31,25%, namun belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II yang dilaksanakan dalam dua siklus mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa, namun belum mampu mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi, belajar, matematika, jigsaw II
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Indra Padma Widyawan
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:56
Last Modified: 22 Aug 2019 03:56
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item