Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat tanpa resep oleh tenaga teknis kefarmasian di Apotek K-24 Caruban

Rahma, Rika Yessika (2019) Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat tanpa resep oleh tenaga teknis kefarmasian di Apotek K-24 Caruban. Karya Tulis Ilmiah thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB 5)
6. BAB 5.pdf.pdf

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat dan juga sebagai salah satu tempat pengabdian dan praktek profesi dalam melakukan pekerjaan kefarmasian. Kepuasan pasien merupakan penilaian baik atau buruknya pelayanan kefarmasian yang diterima konsumen serta salah satu hal yang harus diprioritaskan oleh apotek dalam menjalankan fungsinya sebagai salah satu sarana pelayanan kefarmasian. Kepuasan pasien dapat mempengaruhi minat untuk kembali ke apotek yang sama. Kepuasan pasien dalam kaitannya dengan pelayanan kefarmasian dapat diukur berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsivenes), jaminan (assurance), empati (emphaty), bukti fisik (tangible). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat tanpa resep di apotek K-24 Caruban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian survei. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dari 100 responden melalui pengisian kuesioner pada bulan Maret 2019 di apotek K-24 Caruban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di apotek K-24 Caruban, dibagi dalam lima dimensi yaitu presepsi tingkat kepuasan terbesar pada dimensi bukti fisik 69,25%, dimensi empati 68%, dimensi jaminan 65% dengan klasifikasi Puas, dimensi daya tanggap 50%, dan dimensi kehandalan 49,67% dengan klasifikasi Cukup Puas

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, pelayanan obat tanpa resep, apotek
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas MIPA > Prodi D3 Farmasi
Depositing User: L. Indra Padma w
Date Deposited: 09 Jul 2020 06:43
Last Modified: 09 Jul 2020 06:43
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item