Rahayu, Dwi (2018) Kualitas interaksi sosial remaja ditinjau dari kecerdasan emosi dan pemahaman diri. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (580kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (284kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kualitas interaksi sosial remaja yang ditinjau dari kecerdasan emosi dan pemahaman diri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X, XI, SMA Katolik St. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2018-2019 pada bulan Oktober 2018. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah Teknik Cluster Sampling.Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 109 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala, yaitu skala kualitas interaksi sosial, skala kecerdasan emosi dan skala pemahaman diri. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu : 1) hipotesis minor pertama berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap kualitas interaksi sosial remaja, 2) hipotesis minor kedua berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi soisal remaja dan 3) hipotesis mayor berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi dan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi sosial remaja. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda. Model persamaan garis regresi Y = 55.595 + 0.197 (X1) + 0.011 (X2). Analisis korelasi memiliki keeratan lemah dengan R sebesar 0,386. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,149, hal ini berarti kecerdasan emosi dan pemahaman diri memiliki pengaruh sebesar 14,9% terhadap kualitas interaksi sosial remaja siswa kelas X, XI, SMA Katolik St. Bonaventura Madiun Tahun Ajaran 2018-2019. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap kualitas interaksi sosial remaja”, diterima, karena terbukti t hitung > t table = (4.300 > 1.659), 2). Terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi sosial remaja”, ditolak, karena terbukti t hitung > t table = (0.281 < 1.659) 3). Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosi dan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi sosial remaja”, diterima. Karena terbukti F hitung > F tabel = (9.266 > 3.08). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Hipotesis minor pertama diterima, 2). Hipotesis minor kedua ditolak, 3).Hipotesis mayor diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas interaksi sosia remaja, kecerdasan emosi, pemahaman diri |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | (staf) Widyawan L. Indra Padma |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 06:37 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 06:37 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1784 |
Actions (login required)
View Item |