Pengaruh konsep diri dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa

Prabawati, Winda Ratna (2016) Pengaruh konsep diri dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (705kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian bertujuan untuk : (1) Menganalisa ada tidaknya pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar siswa, (2) Menganalisa ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, (3) Menganalisa ada tidaknya konsep diri dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Madiun. Sampel yang digunakan adalah 4 kelas (Empat Kelas) terdiri dari 50 % dari 218 siswa yaitu 123 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah teknik Cluster Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sebagai berikut : (1) Skala konsep diri (2) Skala perhatian orang tua, dan (3) Skala motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu : (1) Hipotesis Minor pertama yang berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap motivasi belajar siswa, (2) Hipotesis Minor kedua yang berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, (3) Hipotesis Mayor berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Model persamaan garis regresi Y = 44.189 + 0,423 + 0,398 hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang positif konsep diru terhadap motivasi belajar siswa yang terbukti t hitung > t tabel (3.074 > 1,97), (2) ada pengaruh yang positif perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa yang terbukti t hitung > t tabel (5,756 > 1,97), (3) ada pengaruh yang positif pengaruh konsep diri dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, yang terbukti F hitung > F tabel (32.950 > 3,071). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) karena t hitung > t tabel = 1,97 maka hipotesis minor pertama diterima, (2) karena t hitung>t tabel = 1,97 maka hipotesis minor kedua diterima (3) karena F hitung>F tabel =3,071 maka hipotesis mayor diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, perhatian orang tua, motivasi belajar siswa
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: (staf) Widyawan L. Indra Padma
Date Deposited: 22 Apr 2021 04:26
Last Modified: 22 Apr 2021 04:26
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item