Pengaruh penggunaan facebook dan konsep diri terhadap interaksi sosial remaja

Sari, Liana Sekar (2015) Pengaruh penggunaan facebook dan konsep diri terhadap interaksi sosial remaja. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)

Abstract

Interaksi sosial termasuk hal penting bagi seorang remaja. Melalui interaksi sosial, remaja akan mendapat hal baru dan meningkatkan hubungannya dengan orang lain. Di kehidupannya remaja tak hanya berinteraksi dengan orang-orang yang ada di dekatnya saja, melainkan juga berinteraksi melalui media sosial. Salah satunya melalui facebook. Dalam hal ini, baiknya remaja memahami batasan dalam menggunakan facebook, agar aktivitas interaksi di kehidupan sehari-hari tidak terganggu. Karena jika remaja tidak memiliki batasan, ia akan menjadi lebih fokus pada interaksinya di dunia facebook dan berdampak pada menurunnya interaksi sosial di kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan facebook dan konsep diri terhadap interaksi sosial remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Kartoharjo Magetan tahun ajaran 2014/ 2015 sebanyak 96 siswa dengan jumlah sampel 96 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu : 1) Hipotesis minor pertama berbunyi : apabila frekuensi dan intensitas penggunaan facebook rendah, maka intensitas interaksi sosial remaja semakin tinggi. 2) Hipotesis minor kedua berbunyi : apabila konsep diri positif, maka intensitas interaksi sosial remaja semakin tinggi. 3) Hipotesis mayor berbunyi : apabila frekuensi dan intensitas penggunaan facebook rendah dan konsep diri positif, maka intensitas interaksi sosial remaja semakin tinggi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari pengolahan data data disimpulkan sebagai berikut : 1) Model persamaan garis regresi Y = 1.394 + 0.519 (X1) + 0.310 (X2). 2) Analisis korelasi memiliki keeratan kuat dengan angka R sebesar 0.778. 3) Koefisien determinasi sebesar 0.605, hal ini berarti penggunaan facebook dan konsep diri memiliki pengaruh sebesar 60.5% terhadap interaksi sosial remaja. 4) Hipotesis minor pertama berbunyi “apabila frekuensi dan intensitas penggunaan facebook rendah, maka intensitas interaksi sosial remaja semakin tinggi” diterima. 5) Hipotesis minor kedua berbunyi “apabila konsep diri positif, maka intensitas interaksi sosial remaja semakin tinggi” diterima. 6) Hipotesis mayor berbunyi “apabila frekuensi dan intensitas penggunaan facebook rendah dan konsep diri positif, maka intensitas interaksi sosial remaja semakin tinggi” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penggunaan facebook, konsep diri, interaksi sosial remaja
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: (staf) Widyawan L. Indra Padma
Date Deposited: 03 May 2021 07:46
Last Modified: 03 May 2021 07:46
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item