Ratnawati, Alexandra Dwi (2014) Kemandirian belajar siswa ditinjau dari manajemen diri dan konsep diri. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (437kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Download (206kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Sekolah merupakan tempat pendidikan formal bagi anak melakukan aktifitas belajar, memperoleh pengalaman, dan pengetahuan yang bermanfaat untuk masa depannya. Belajar dapat dilihat pencapaian hasilnya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dieksplorasikan sesuai potensi masing-masing individu sehingga menunjukkan adanya perubahan tingkah laku. Kemandirian belajar mengacu akan adanya pengaruh manajemen diri dan konsep diri siswa dalam mengimplementasikan ilmunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya manajemen diri dan konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 9 Madiun, tahun ajaran 2013/2014 yang terbagi dalam 14 kelas, dengan keseluruhan jumlah populasi sebanyak 406 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah menggunakan cara cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala kemandirian belajar siswa, skala manajemen diri, dan skala konsep diri. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu:1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi: terdapat manajemen diri terhadap perilaku kemandirian belajar siswa, 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: terdapat pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa, 3) Hipotesis mayor berbunyi: terdapat pengaruh manajemen diri dan konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Model persamaan garis regresi Y = 89.645 + 0,329 + 0.048 hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh manajemen diri terhadap kemandirian belajar siswa, yang terbukti terbukti t hit=3.690 dan t tabel=1.990, 2) terdapat pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa, yang terbukti t hit=1.441 dan t tabel=1.990, 3) terdapat pengaruh manajemen diri dan rasa konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa, yang terbukti karena F hit= 9.896 dan F tabel=2.295. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) karena t hit < t tabel=1.990 maka hipotesis minor pertama ditolak. 2) karena t hit > t tabel =1.990 maka hipotesis minor kedua diterima. 3) karena F hit > F tabel =2,295 maka hipotesis mayor diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar siswa, manajemen diri, konsep diri |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | (staf) Widyawan L. Indra Padma |
Date Deposited: | 10 May 2021 04:19 |
Last Modified: | 10 May 2021 04:19 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1880 |
Actions (login required)
View Item |