Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas II SLTP Negeri 2 Geger Tahun Pelajaran 2000/2001

Sulamsini, Sulamsini (2000) Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas II SLTP Negeri 2 Geger Tahun Pelajaran 2000/2001. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .PDF

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .PDF
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa karena keterampilan menulis sehari-sehari, baik untuk kelancaran belajar siswa maupun untuk tujuan di tengah-tengah masyarakat. Dalam kehidupan modern ini, kemampuan menulis sangat dibutuhkan, yaitu untuk mencatat, merekam, menyakinkan, melaporkan, memberitahukan, dan untuk mempengaruhi. Mengingat banyak ditemui kekurangan dalam pengajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan menulis. Maka kemampuan menulis siswa perlu dan penting untuk di bahas dan diteliti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan menulis deskripsi siswa kelas II SLTP negeri 2 geger Tahun Pelajaran 2000/2001 Hasil penilitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat. Pertama, untuk menambah pengetahuan pengajar bahasa Indonesia sehinggga pengajar bahasa Indonesia dapat menentukan langka-langkah yang tepat dalam mengajarkan menulis deskripsi. Kedua, untuk memperluas wawasan sisswa dalam pemahaman menulis deskripsi Agar data yang diperoleh sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian, dalam penelitian ini digunakan metode deskripsi kuantitafif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan data, dalam hal ini meniliti, menganalisis dan manfaat data hasil tes kemampuan menulis deskripsi para siswa yang menjadi sampel penelitian. Tes diberikan secara tertulis dengan cara memberikan tugas membuat tulisan deskripsi yang judul dan kerangka karangan sudah ditentukan serta menggunakan bantuan gambar. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas II SLTP negeri 2 geger tahun pelajaran 2000/2001 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa 221 orang. Dalam penelitian ini diambil 44 siswa (20%) sebagai sampelnya. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling (sampel kelompok). Kelompok ditentukan secara acak . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Rata rata kemapuan menulis deskirpsi siswa kelas II SLTP negeri 2 geger tahun pelajaran 2000/2001 dalam kualifikasi cukup, yaitu skor rata rarta 65,48 2.Rata rata penguasaan siswa dalam tiap tiap aspek/unsur tidak sama, yaitu skor rata rata aspek /unsur kesatuan gagasan 16,90 (kualitikasi cukup), aspek/unsur koherensi 17,28(kualitikasi cukup), aspek/unsur keberasilan deskripsi 18,22 (kualifikasi baik), dan aspek/unsur kebakuan bahasa 13,06 (kualifikasi kurang). Sesuai dengan hasil penelitian ini, dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis, khususnya menulis deskripsi disarankan bahwa: 1.Guru perlu memberikan perhatian pengajaran secara sungguh-sungguh, dapat berwujud pemberian pengajaran secara lebih intensif dengan cara menambah frekuensi menulis, khususnya menulis deskripsi dan memilih bahan pengajaran yang sesuai, serta perlu memberikan latihan-latihan menulis secarca teratur, mengoreksi, dan mengembalikan hasilnya kepada siswa. 2.Pengembangan kurikulum perlu menambah alokasi waktu untuk memberikan pembinaan /bimbingan tentang menulis, khususnya menulis deskripsi 3.Peneliti lanjut perlu meneliti kemampuan siswa dalam menulis jenis wacana lain yaitu eksposisi, argumentasi, dan narasi serta perlu melakukan penelitian dengan menambah sampel penelitian sehingga dapat digeneralisasikan lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, keterampilan menulis deskripsi, pengetahuan pengajar
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 30 May 2022 03:11
Last Modified: 30 May 2022 03:19
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item