Ekawatiningsih, Lilik (2002) Kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Pingkuk V Bendo Tahun Pelajaran 2001/2002. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF Download (821kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (419kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (359kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Pingkuk V tahun pelajaran 2001/2002. Sesuai dengan judul tersebut, penelitian ini menitik beratkan masalah kemampuan siswa dalam menulis kalimat baku bahasa Indonesia. Hal tersebut dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa peranan bahasa Indonesia itu sangat penting dalam proses berfikir manusia, karena bahasa merupakan alat komunikasi utama untuk melahirkan gagasan, angan-angan, dan perasaan, baik secara lisan maupun tulisan. Disamping itu, masih banyak pemakai bahasa Indonesia yang tidak mencerminkan pemakaian bahasa yang baik dan benar. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih ada guru bidang studi, selain bidang bahasa Indonesia, yang menggunakan bahasa dengan tidak memperhatikan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal tersebut bertentangan dengan usaha guru bidang studi bahasa Indonesia dalam upaya pembinaan bahasa Indonesia di lingkungan siswa. Pelajar di sekolah adalah sebagian bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia mereka perlu mendapat perhatian dari guru. Salah satu bentuk perhatian itu adalah menyelidiki kemampuan mereka dalam menulis kalimat secara baik dan benar(baku). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menentukan siswa kelas VI SDN Pingkuk V Bendo tahun 2001/2002 sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif. Data kemampuan menulis kalimat baku diperoleh dengan cara pemberian tes berupa tes melengkapi kalimat dengan kata-kata yang sudah disiapkan, yang sebelumnya alat tes tersebut telah di ujicobakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia siswa kelas V SD Pingkuk V Bendo tahun pelajaran 2001/2002 memliki kemampuan sedang. Secara lebih terperinci dapat diketahui bahwa dari 39 siswa yang mengikuti tes kemampuan menulis kalimat bahasa Indonesia yang mendapat nilai A= 1 orang siswa (2,56%), nilai B=18 orang siswa (46,16%), nilai C=18 orang siswa (46,16%), nilai D= 1 orang siswa (2,56%), dan nilai E=1 orang siswa (2,56%). Dengan menggunakan batas kemampuan (lulus)dengan nilai C, maka di anatar 39 siswa yang dapat dikatakan mampu menulis kalimat baku bahasa Indonesia 37 orang siswa atau 94,87% sedangkan 2 orang siswa (5,13%) termasuk kategori tidak mampu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut hal-hal sebagi berikut 1. Guru kelas Untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia guru kelas disarankan menempuh bermacam-macam cara, antara lain guru sebagai modal berbahasa, maka guru kelas hendaknya selalu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam berbagai kesempatan. Selain itu, untuk mengajarkan kalimat baku bukan hanya dengan teori belaka melainkan harus mengutamakan keterampilan berbahasa. 2. Siswa sekolah dasar (SD) Siswa sekolah dasar hendaknya menyadari akan kedudukan dan kebutuhan. Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipakai atau diinginkan atau yang dicita-citakan tidak akan tercapai jika hanya mengandalkan perjuangan para guru, atau sekolah semata-mata tanpa siswa sendiri berusaha mencapainya. Demikian juga, kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia tidak akan dikuasai dengan baik apabila siswa SD hanya mengandalkan pelajaran disekolah. Siswa SD hendaknya mau berusaha untuk menguasai kalimat baku bahasa Indonesia, karena untuk melakukan hal itu cukup tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis, kalimat baku, bahasa |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 02:59 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 02:59 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2299 |
Actions (login required)
View Item |