Sulistyowati, Sutini (2001) Penggunaan kalimat efektif pada tulisan narasi siswa kelas II SLTP 6 Magetan tahun pelajaran 2000-2001. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF Download (301kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (288kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF Restricted to Registered users only Download (619kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul penggunaan kalimat efektif pada tulisan narasi siswa kelas dua SLTP 6 Magetan. Sesuai dengan judul tersebut, maka penelitian ini menitikberatkan pada masalah penggunaan kalimat efektif oleh siswa. Hal ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa sebagian menganggap pelajaran menulis karangan adalah pelajaran sepele dan membosankan, khususnya kalimat. para siswa dalam menyusun kalimat pada karangannya cenderung asal asalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kalimat efektif pada tulisan narasi siswa meliputi kesepadanan dan kesatuan kalimat, kesejajaran bentuk kata, penekanan kalimat, kehematan kata yang di gunakan, dan variasi kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data untuk penelitian ini diambil dari siswa kelas II SLTP6 Magetan sebagai populasinya. Dari jumlah populasi 122, diambil 40 siswa sebagai sampel. Sampel diambil dengan cara di undi (teknik sample random sampling) Dalam penelitian ini tidak di bahas keseluruhan unsur kalimat, melainkan hanya akan diteliti keefektifan kalimat yang digunakan siswa dalam karangannya. Dari penelitian yang dilakuka pada 160 kalimat dari karangan siswa terdapat 33 kalimat yang tidak efektif. Tiga puluh tiga kalimat yang tidak efektif tersebut disebabkan oleh : 1.Tidak adanya kesepadanan dan kesatuan sebanyak 21 kalimat yang terdiri atas a.Kesalahan struktur : 3 kalimat b.Kesalahan pilihan kata : 12 kalimat c.Kesalahan penggunaan kata penghubung : 6 kalimat 2.Tidak adanya kesejajaran bentuk : 8 kalimat 3.Tidak adanya kehematan 4 kalimat yang terdiri atas. a.Pengulangan subjek : 3 kalimat b.Penggunaan kata yang berlebihan : 1 kalimat Jadi, dari 160 kalimat yang dibuat siswa,127 kalimat efektif,33 kalimat tidak efektif .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kalimat efektif, kalimat tidak efektif, tulisan narasi |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 02:37 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 02:37 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2321 |
Actions (login required)
View Item |