Penggunaan kalimat efektif pada tulisan narasi siswa kelas II SLTP 6 Magetan tahun pelajaran 2000-2001

Sulistyowati, Sutini (2001) Penggunaan kalimat efektif pada tulisan narasi siswa kelas II SLTP 6 Magetan tahun pelajaran 2000-2001. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (301kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul penggunaan kalimat efektif pada tulisan narasi siswa kelas dua SLTP 6 Magetan. Sesuai dengan judul tersebut, maka penelitian ini menitikberatkan pada masalah penggunaan kalimat efektif oleh siswa. Hal ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa sebagian menganggap pelajaran menulis karangan adalah pelajaran sepele dan membosankan, khususnya kalimat. para siswa dalam menyusun kalimat pada karangannya cenderung asal asalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kalimat efektif pada tulisan narasi siswa meliputi kesepadanan dan kesatuan kalimat, kesejajaran bentuk kata, penekanan kalimat, kehematan kata yang di gunakan, dan variasi kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data untuk penelitian ini diambil dari siswa kelas II SLTP6 Magetan sebagai populasinya. Dari jumlah populasi 122, diambil 40 siswa sebagai sampel. Sampel diambil dengan cara di undi (teknik sample random sampling) Dalam penelitian ini tidak di bahas keseluruhan unsur kalimat, melainkan hanya akan diteliti keefektifan kalimat yang digunakan siswa dalam karangannya. Dari penelitian yang dilakuka pada 160 kalimat dari karangan siswa terdapat 33 kalimat yang tidak efektif. Tiga puluh tiga kalimat yang tidak efektif tersebut disebabkan oleh : 1.Tidak adanya kesepadanan dan kesatuan sebanyak 21 kalimat yang terdiri atas a.Kesalahan struktur : 3 kalimat b.Kesalahan pilihan kata : 12 kalimat c.Kesalahan penggunaan kata penghubung : 6 kalimat 2.Tidak adanya kesejajaran bentuk : 8 kalimat 3.Tidak adanya kehematan 4 kalimat yang terdiri atas. a.Pengulangan subjek : 3 kalimat b.Penggunaan kata yang berlebihan : 1 kalimat Jadi, dari 160 kalimat yang dibuat siswa,127 kalimat efektif,33 kalimat tidak efektif .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kalimat efektif, kalimat tidak efektif, tulisan narasi
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:37
Last Modified: 24 Oct 2022 02:37
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item