Darmiati, Darmiati (2004) Analisis tema, perwatakan, dan nilai pendidikan novel Seandainya Aku Boleh Memilih karya Mira W. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF Download (387kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (171kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (899kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III .PDF Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV .PDF Restricted to Registered users only Download (998kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V .PDF Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF Restricted to Registered users only Download (554kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa karya sastra sebagai pengemban amanat sosial dapat diharapkan berfungsi membentuk pengeruh positif terhadap cara oarng berfikir mengenai baik-buruk dan salah – benar. Karya sastra fiksi yang cukup bernilai sastra adalah sebuah novel yang berjudul Seandainya aku boleh memilih karya Mira. W. dalam novel tersebut masalah yang diharapkan adalah salah satu sisi kehidupan yang kompleks, seperti hubungan social, budaya, ketuhanan, maut, ketakutan, kecemasan dan cinta dalam arti yang lebih luas. Disamping itu novel seandainya aku boleh memilih karya Mira. W juga dapat dipakai sebagai bahan pengajaran apresiasi karya sastra Tujuan penelitian ini, peneliti ingin megetahui, (1) gambaran objektif tentang (1) tema; (2) perwatakan (penokohan), (3)nilai pendidikan dalam novel seandainya aku boleh memilih, karya Mira. W. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan, yaitu metode yang digunakan oleh peneliti untuk mencari, mengumpulkan, membaca, memahami buku sebagai sumber teori dalam penelitian. Selain itu juga menggunakan metode antara penelitian dan subyek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil analisis yang mencangkup tema, perwatakan (penokohan), dan nilai pendidikan dalam novel seandainya Aku Boleh Memilih, karya Mira. W adalah sebagai berikut: tema tingkat egoik menceritakan kisah rumah tangga Riri Bandi yang selama tiga tahun tidak pernah bahagia, karena Bandi yang mempunyai penyakit jantung tidak bisa memberikan keturunan buat Riri. Sementara ibu mertuanya selalu ikut campur dalam rumah tangganya. Tema tingkat organik menceritakan penyimpangan yang berupa penyelewengan dan pengkhianatan yang dilakukan oleh Riri dan Haris karena rumah tangga mereka tidak bahagia. Pada perwatakan (penokohan) yang terdapat dalam novel tersebut ditampilkan dengan cara analitik dan dramatik. Untuk tokoh Riri memiliki watak compex character. Dia juga berwatak statcter. Dia juga berwatak statiyc character. Jadi Riri seseorang wanita yang yegar, tegas, keras, pendirian. Sedangkan watak Bandi bersifat statcy character, yaitu tokoh tidak mengalami perubahan diawal sampai diakhir cerita. Kemudian watak haris dan ibunya bersifat simple character, yaitu tokoh yang sederhana. Dua tokoh tersebut semula penyayang, baik dan menghargai orang lain, kemudian mengalami perubahan ditengah dan di akhir cerita. Jadi mereka tergolong dynamic charcter, yaitu tokoh yang mengalami perubahan dalam pemunculnya. Demikian juga dengan tanti, seorang istri yang memiki karakter yang begitu penurut, baik, sabar, dan setia namun diakhir cerita mengalami perubahan watak menjadi pemberani nilai pendidikan dalm novel itu adalah keiklasan seseorang menerima kenyataan, walaupun kenyataan itu kadang-kadang menyakitkan : jumlah seseorang selalu berkorban demi kepentingan umum; hendaknya seseorang mempunyai rasa kisah kasih sayang yang tulus : jaganlah seseorang mengorbankan sesuatu yang kita cintai : dan jaganlah selalu menerima hukuman dengan rasa tulus Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti memberi saran kepada guru pengajar bahasa dan sastra Indonesia, agar novel ini dapat dijadikan salah satu bahan pelajaran apresiasi karya sastra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tema, perwatakan, nilai pendidikan, seandainya aku boleh memilih |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 03:22 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 03:22 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2345 |
Actions (login required)
View Item |