Yhuswita I., Inge Cahya (2004) Analisis tema, perwatakan, dan nilai pendidikan novel Semesra Bayanganmu karya Mira W. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF Download (393kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I .PDF Download (182kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (814kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV .PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V .PDF Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF Restricted to Registered users only Download (482kB) |
Abstract
Karya sastra merupakan bagian dari seni yang berusaha menampilkan nilai keindahan yang bersifat aktual dan imajinatif, sehingga mampu memberikan hiburan dan kepuasan rohaniah bagi pembacanya. Salah satu perwujudannya berupa novel. Novel sebagai suatu karya sastra tidak hanya sekedar rangkaian kalimat yang disusun sedemikian rupa sehingga enak dibaca, tetapi juga suatu karya sastra yang dapat menimbulkan imajinasi pembaca terhadap makna yang tersurat dalam novel. Salah satu novel populer yang perlu mendapat perhatian untuk diangkat sebagai bahan kajian adalah novel semesra Bayanganmu karya Mira. W. disebut demikian karena baik tema, cara penyampaian, bahasa maupun gaya menggunakan bahasa yang sederhana sehingga dipahami oleh pembacanya. Tujuan peneliti ini adalah menemukan tema mayor dan tema minor, menganalisis perwatakan para tokoh, dan menemukan nilai pendidikan novel Semesra Bayanganmu karya Mira. W. oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitaif yang bersifat deskriptif. Penelitian diawali dengan cara membaca novel semesra Bayanganmu karya Mira . W, mencari kata, frasa, kalimat dan paragraf yang mengandung tema, perwatakan dan nilai pendidikan pada novel Semesra Bayanganmu, mengartikan peryataan-peryataan pada novel Semesra Bayanganmu yang ada kaitannya dengan tema, perwatakan dan nilai pendidikan serta menyimpulkan, menginterpretasikan dan menyajikan untuk kemudian dilakukan pembahasan. Sedangkan data ini berupa kata, frasa, kalimat atau paragraf yang dikutip dari novel semesra bayanganmu karya Mira. W dengan urutan pembahasan. Berdasarkan hasil analisis tentang tema, perwatakan dan nilai pendidikan novel semesra bayanganmu karya Mira. W, maka dapat disimpulkan : (1) tema mayor novel tersebut adalah tentang kehidupan sesorang gadis remaja yang mengalami berbagai persitiwa pahit dan penderitaan (2) tema minor tersebut adalah tentang seorang anak yang menyayangi ibunya dan sahabatnya. (3) perwatakan tokoh-tokoh : (a) tokoh Novia berwatak bersahabat, suka bercanda, keras kepala, pemarah, berani, tertutup, pendiam, tegar, tabah, mudah iba, pantang menyerah dan mau berusaha. (b) Tokoh Lexi berwatak pendiam, kurang bergaul dingin, perhatian, bertanggung jawab, sabar, tidak pendendam, keras kepala dan sedikit nekat dalam melakukan pekerjaan. (c) Tokoh Yani berwatak baik dan tidak baik. Watak baiknya adalah jago berakting, setia,setia pada sahabatnya, perhatian dan baik hati. Sedangkan watak tidak baiknya adalah pemarah, pendendam dan suka mengejek oarang lain. (d) Tokoh paul berwatak pengertian, playboy, emosi, jujur, baik hati, pasrah dan menerima kenyataan. Namun berbagai persitiwa ia dapat mengubah wataknya dengan menikahi gadis lawan mainnya dalam film layar lebar. (e) tokoh Niur berwatak tidak baik yaitu suka membenci, usil, jahil, pendendam, biang rebut, tukang nyotek, urakan dan brandalan. Sedangkan dalam menggambarkan watak para tokoh dalam novel semesra bayanganmu karya Mira.W. menggunakan empat cara, yaitu melalui apa yang diperbuatnya, tindakannya bagaimana bersikap dalam situasi kritis, melalui ucapan-ucapannya karakteristik tokoh, melalui penggambaran fisik tokoh, dan melaui jalan pikiran tokoh. (4) nilai pendidikan novel tersebut antara lain: (a)setiap orang harus mencintai dan menyayangi orang lain. Dengan memiliki rasa cinta dan kasih sayang, maka orang akan saling menolong sehingga apabila membutuhkan pertolongan akan mudah mendapatkannya dari orang lain. (b) hendaklah kita mempunyai tanggung jawab dan kewajiban sebagai seorang teman. (c) jaganlah kita suka mengkhianati karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. (d) hendaklah kita lebih menjalin persahabatan dari pada permusuhan diantara sesama manusia.(e) jaganlah kita suka berbohong pada orang lain karena dapat menyakiti hati orang tersebut. (f) jaganlah kita suka mengingkari janji kepda orang lain, lebih baik kita berbicara jujur sehingga kita akan dipercaya dan dihargai masyarakat. (g) hendaklah kita rela berkorban kepentingan orang banyak atau masyarakat umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tema, perwatakan, nilai pendidikan, semesra bayanganmu |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 02:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 02:01 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2348 |
Actions (login required)
View Item |