Bwariat, Rosalia (2005) Analisis ragam bahasa iklan susu balita di tabloid Nyata. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF Download (457kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I .PDF Download (200kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian berjudul “ analisis ragam bahasa iklan susu balita di tabloid nyata” ini dilakukan dengan tujuan : (1) mendeskripsikan bentuk kalimat yang digunakan dalam iklan susu balita ditabloid, (2) mendeskripsikan pilihan kata yang digunakan dalam iklan susu balita di tabloid nyata (3) mendeskripsikan informasi yang disajikan dalam iklan susu balita di tabloid nyata dan (4) mendeskripsikan konteks pemakaian bahasa yang ditampilkan dalam susu balita tabloid nyata untuk maksud tersebut 9 teks iklan susu balita yang di peroleh dari tabloid nyata terbitan februari – agustus 2005 digunakan sebagai sumber data dan bahan analisis Metode kerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penilaian deskriptif kualitif adalah suatu penilaian yang berusaha mengumpulkan data, menyusun data,menganalisis dan menginterpretasikan data, atau menafsirkan arti kata yang berhungan dengan masalah( surachmat,1990: 139) Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: bentuk kalimat yang digunakan dalam 9 iklan susu balita di tabloid nyataedisi februari – agustus 2005 berjumah 33 kalimaaat darisegi cara/bentuk penyajian maksudnya,ketiga puluh tiga kalimat tersebut meliputi kalimat tunggal sempurna 16 kalimat, kalimat tunggal penjumlahan/penggabungan 4 kalimat, kalimat campuran 2 kalimat, kalimat luas hubungan tujuan 1 kalimat, kalimat luas hubungan kegunaan 1 kalimat luas hungan tujuan 1 kalimat, kalimat luas dengan anak kalimat relative 1 kalimat, dan kalimat luas perurutan 1 kalimat Pilihan kata iklan susu balita di tabloid Nyata tidak hanya menggunakan kata kata baku bahasa, disana sini dapat ditemukan adanya penggunaan kata kata asing dan kata kata bahasa cakapan dari segi tujuan ingin dicapai dalam iklan iklan juga ditemukan sejumlah kata kata persuatif Informasi yang ditampilkan dalam 9 iklan susu balita adalah terdapat 11 kandungan zat asam dan 3 kandungan vitamin. Vitamin informasi kandungan produk beserta komposisinya terdapat dalam kandungan 9 zat lemak. DHA dan ARA serta SA terdapat pada enfagrow dan enfakid, sedangkan DHA+LA / ALA terdapat pada SGM 3 dan dancow 3+, protein, yudium, kalsium, zink terdapat pada dancow 1 + omega 3 serta maduhanya terdapat dalam susu balita Frisian flag. Informasi kegunaan produk susu balita adalah menambah daya tahan tubuh, daya tangkap, daya ingat informasi peruntukan produk susu balita rata rata 1-4 tahun untuk anak yang masih dalam usia balita informasi tentang adanya barang barang yang disertakana sebagai bonus hanya terdapat dalam iklan susu balita Frisian flag Konteks pemakain bahasa yang digunakan dalam 9 iklan susu balita menurut konsep dell hymes, pada umumnya relative sama bahkan sama baik dalam setting andscene pertisipasi, end, act, key, intrumen, norma, maupun genrc-nya. hal ini demikian karena barang yang diiklankan adalah barang yang digunakan dalam iklan iklan tersebut juga cenderung sama : baik jenis jenis/bentuk bentuk kalimatnya. Kecenderungan pilihan katanya, maupun informasi yang disampaikan di dalamnya pengaruh konteks pemakaian bahasa pada pemakaian bahasa dalam iklan tersebut antara lain tampak pada kecendungan iklan iklan tersebut menggunakan bahasa cakapan Dari penelitian yang dilakukan juga diketahui bahwa dari keempat aspek yang diteliti ada dua diantaranya yang menjadi unsur pendukung yang kuat terhadap sifat persuasive bahasa 9; wacana) iklan susu balita kedua aspek tersebut adalah aspek diksidan aspek informasi yang di tampilkan dalam iklan. Setelah mengadakan penelitian dan penyusunan skripsi ini, penulis menyarankan kepada : ( 1 ) peneliti tentang bahasa iklan selanjutnya : yang perlu ditinjau lebih jauh dalam penelitian tentang bahasa iklan namun belum diungkap dalam penelitian ini antara lain adalah tentang kekhasan bangun kalimat dan cara-cara penulisan kalimat-kalimat/kata- katanya. Oleh karena itu apabila di pandang perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang bahasa iklan maka hendaklah hal hal tersebut di bahas secara memadai. Dengan demikian deskripsi tentang bahasa iklan akan menjadi semakin lengkap. (2) khalayak: dalam membaca iklan iklan masyarakat hendaklah tidak begitu saja terpengaruh pada penunturan iklan yang tampaknya menarik sebelum menentukan pilihan untuk membeli suatu produk. Masyarakat hendaklah kritis terhadap penjelasan-penjelasan/keterangan-keterangan yang disampaikan dalam iklan bahkan kalau perlu masyarakat dapat mencari informasi tentang kebenaran penjelasan dalam iklan misalnya dari literature yang bisa dicapai atau mungkin dari narasumber yang dapat .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa iklan, susu balita, tabloid nyata |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 03:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:06 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2352 |
Actions (login required)
View Item |