Analisis tema diksi dan gaya bahasa puisi karya siswa SMA Negeri 2 Mejayan

Ratnawati, Anita Yuli (2007) Analisis tema diksi dan gaya bahasa puisi karya siswa SMA Negeri 2 Mejayan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (432kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (287kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (730kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis tema, diksi, dan gaya bahasa puisi karya siswa SMA Negeri 2 Mejayan. Tujuannya adalah mengetahui dan menjelaskan tema, diksi, dan gaya bahasa yang dipakai dalam puisi siswa SMA negeri 2 Mejayan. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dipakai dalam penelitian ini berupa kata, lirik, bait yang diambil dari puisi-puisi karya siswa yang menjadi subyek penelitian, dan juga puisi-puisinya sendiri, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah puisi-puisi karya siswa kelas 3 IPS SMA Negeri 2 Mejayan yang berjumlah 40 puisi yang dipilih secara acak dari 92 puisi. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan atau studi teks, karena sumber data penelitaian berupa teks. Berdasarkan analisis tentang tema, peneliti menemukan delapan macam tema puisi yaitu: (1) tema ketuhanan; (2) tema cinta remaja; (3) tema diri sendiri; (4) kasih sayang; (5)tema persahabatan;(6) tema pendidikan; (7) tema hidup dan perjuangannya; (8) tema alam. Dalam hal pilihan kata puisi siswa SMA Negeri 2 Mejayan pada umumnya menggunakan kata sehari-hari baik yang bermakna denotative maupun konotatif, di samping itu juga terdapat beberapa kata-kata lambing dan kata lama. Berdasarkan analisis tentang gaya bahasa khusunya pemakaian majas, peneliti menemukan enam majas yang dipakai dalam puisi siswa. Majas-majas tersebut adalah sebagai berikut: (1) majas perbandingan ; (2) majas personifikasi: (3) majas metonimia; (4) majas hiperbola: (5) majas metafora; dan (6) majas sinekdoki. Dari enam majas tersebut yang paling banyak dipakai dalam puisi siswa ialah majas personifikasi, majas perbandingan , dan majas hiperbola. Dari analisis tentang cara penyajian tema dalam puisi siswa, ditemukan bahwa tema puisi-puisi karya siswa SMA Negeri 2 Mejayan pada umumnya sudah cukup koheren dalam penyajian temanya. Namun dari jumlah 40 puisi tersebut, tidak seluruhnya koheren, ada beberapa puisi yang dalam penyajian temanya kurang koheren. Hal itu disebabkan oleh urutan waktu yang diabaikan, pembaitan yang kurang tepat, dan larik yang tidak fungsional. Selain itu ada juga puisi yang sudah koheren tapi judulnya kurang cocok. Diksi dalam puisi para siswa itu secara umum sudah wajar. Ada beberapa puisi yang diksinya kurang wajar. Hal itu disebabkan oleh penggunaan diksi yang kurang tepat, penggunaan diksi yang terasa dipaksakan, diksi yang meragukan, penggunaan kata mubazir, kata yang tidak efektif dan kata yang tidak puitis.Selain itu ada juga diksi yang sudah wajar tetapi memberi kesan seperti bercerita. Dalam hal gaya bahasa, ditemukan bahwa pada umumnya penyajian gaya bahasa puisi siswa cukup wajar. Ada beberapa gaya bahasa yang kurang wajar. Sejauh data yang ada, hal itu terjadi dalam hubungan dengan kurang tepatnya pilihan kata (diksi). Pada akhir penelitian, peneliti memberikan saran sebagai berikut : (1) bagi guru pengajar sastra, hasil penelitian semacam ini dapat dijadikan sebagai bahan atau landasan bagi guru untuk lebih membina kegiatan mengarang puisi: (2)guru pengajar sastra mempunyai peran untuk membina, mengarahkan dan memotivasi siswa untuk menumbuhkan minat dalam mengarang puisi, sehingga siswa tidak hanya dapat menikmati puisi karya orang lain, tetapi mereka juga dapat menciptakan atau menghasilkan puisi karya mereka sendiri: (3) bagi peneliti berikutnya, peneliti berharap penelitian semacam ini tidak hanya terbatas pada analisis tema, diksi dan gaya bahasa saja, tetapi juga unsur pembangunan puisi yang lain seperti perasaan, nada dan suasana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tema diksi, gaya bahasa, puisi
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:52
Last Modified: 31 Oct 2022 08:52
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item