Darmiati, Darmiati (1997) Unsur-unsur sastra dalam kesenian reog dan kemungkinan sumbangannya terhadap pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (3MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kesenian reog adalah suatu kesenian tradisional yang berkembang di daerah Ponorogo. Dalam upaya melestarikan kesenian reog dari kepunahan, maka penulis melakukan penelitian tetang kesenian reog.Penelitian ini dipusatkan pada unsur-unsur sastra dan sumbangannya terhadap pendidikan di Indonesia. Dalam kesenian reog ini selain terdapat unsur sastra lisan, juga terkadang nilai pendidikan. Dengan demikian, kita perlu mengetahui cerita asal-usul reog, unsur-unsur sastra dan kemungkinan sumbangannya terhadap pendidikan di Indonesia. Untuk membahas tiga hal di atas,penulis menggunakan metode deskriptif, data diambil dengan teknik wawancara melalui informasi, yaitu tokoh masyarakat, pejabat, amahsiswa, dan sebagainya. Data tersebut diolah secara kualitatif melalui tahapan pendeskripsian data, penjelasan, penafsiran , dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesenian reog Ponorogo memiliki nilai sastra yaitu unsur-unsur intrinsic di antaranya penokohan, latar , setting, alur, dan tema. Selain itu , di dalam kesenian reog terkandung nilai-nilai pendidikan dan pengajaran yang meliputi pendidikan agama dankepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pendidikan sejarah perjuangan bangsa, dan pendidikan sastra. Apa yang terdapat dalam kesenian reog Ponorogo mengandung segi pelaksanaan dan pencapaian tujuan nasional. Sumbangan khusus kesenian reog Ponorogo terhadap pendidikan nonformal meliputi pendidikan kepemimpinan dan etika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar masyarakat Ponorogo melestarikan kesenian reog dan dapat mengenal cerita asal-usul reog, serta mengetahui unsur-unsur sastra. Penulis mengajak para pembaca untuk lebih mencintai kesenian daerah seperti reog lewat pementasan yang dapat dipakai sebagai sarana untuk menyampaikan pesan yang sifatnya menarik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sastra, kesenian reog, pendidikan, pengajaran |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 05:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 05:12 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2391 |
Actions (login required)
View Item |