Analisis kesalahan menulis paragaf siswa kelas II SLTP Negeri 10 Madiun

BA, Lilis Setyani (1998) Analisis kesalahan menulis paragaf siswa kelas II SLTP Negeri 10 Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (68kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)

Abstract

Bahasa Indonesia memiliki peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bagi bangsa Indonesia , Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa Negara. Sedangkan ditinjau dari fungsinya bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggaan, identitas nasional , alat pemersatu, alat perhubungan, dan sarana pengembangan kebudayaan, pemanfaatan ilmu pengetahuan, serta teknologi modern. Mengingat pentingnya bahasa Indonesia di atas, pemakai bahasa Indonesia seharusnya menggunakan dan memelihara secara baik dan benar.Penggunaan bahasa Indonesia tersebut meliputi bahasa lisan maupun bahasa tertulis . Berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia secara tertulis skripsi ini bertujuan menganalisis kesalahan-kesalahan menulis paragraf dalam karangan siswa kelas II SLTP negeri 10 Madiun. Kesalahan-kesalahan yang dimaksud meliputi : (1) kesalahan menempatkan ide pokok dalam paragraf karangan; (2) kesalahan menghubungkan kalimat dalam paragraf karangan / kohrensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang berupa kesalahan-kesalahan menulis paragraf diperoleh dari 40 paragraf siswa kelas II SLTP Negeri 10 Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan-kesalahan menulis paragraf sebagai berikut: 1. Kesalahan kesatuan gagasan dalam paragraf . 2. Kesalahan koherensi dalam paragraf. Sesuai dengan hasil penelitian ini disarankan agar khusunya guru bahasa Indonesia memberikan perhatian secara sungguh-sungguh terhadap kesalahan-kesalahan penulisan paragraf bahasa Indonesia siswa SLTP Negeri 10 Madiun. Kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa dapat dijadikan salah satu bahan pelajaran di kelas. Di samping itu, guru memberikan latihan-latihan secara teratur, bersedia mengoreksi dengan sungguh-sungguh, serta mengembalikan hasilnya kepada siswa. Dengan demikian siswa mengetahui kesalahan-kesalahan cara menulis paragraf dalam bahasa Indonesia yang dibuatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis paragraf, ide pokok, paragraf karangan
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:46
Last Modified: 25 Nov 2022 01:47
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item