Rusprihyantiningsrie, Yohana Tien (1998) Kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Mejayan 1 Caruban tahun Pelajaran 1998/1999. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF Download (8MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I .PDF Download (3MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian berjudul kemampuan menulis kalimat baku siswa kelas VI. Sesuai dengan judul tersebut maka penelitian ini menitikberatkan pada masalah kemampuan siswa dalam menulis kalimat baku. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa peranan bahasa Indonesia itu sangat penting dalam proses berpikir manusia karena bahasa merupakan alat komunikasi utama untuk melahirkan gagasan, angan-angan dan perasaan baik secara lisan maupun tulisan, namun masih banyak pemakai bahasa Indonesia yang tidak mencerminkan pemakaian bahasa yang baik dan benar. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih banyak guru bidang studi selain bidang studi bahasa Indonesia itu menggunakan bahasa dengan tidak memperhatikan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, hal tersebut sangat bertentangan dengan usaha guru bidang studi bahasa Indonesia dan pengaruh yang lain yaitu pemakai-pemakai bahasa Indonesia di lingkungan masyarakat kebanyakan tidak berlatar belakang pendidikan bahasa Indonesia. Pelajar di sekolah adalah sebagian pemakai bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia mereka perlu mendapat perhatian dari guru. Salah satu bentuk perhatian itu adalah penyelidiki kemampuan mereka dalam menulis kalimat secara baik dan benar (baku). Dalam penelitian penulis lebih mengarahkan wawasannya kepada kemampuan menulis kalimat baku berarti orang tersebut memiliki kemampuan mengutamakan gagasan-gagasannya dengan memperhatikan patokan-patokan yang telah ditentukan. Kemampuan menulis kalimat baku memikat seseorang untuk berbahasa secara cermat, mantap, penuh daya nalar, dan sempurna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia. Untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan tersebut peneliti telah menetapkan siswa kelas VI SDN Mejayan I Caruban, Sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif. Selanjutnya penulis dapat mengatakan bahwa tujuan pelajaran bahasa Indonesia, khusunya pelajaran kemampuan bahasa Indonesia adalah untu membuat siswa trampil menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, baik secara lisan maupun secara tulisan. Berdasarkan pendapat di atas mak perlu dibuktikan dengan pembinaan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Ada beberapa pendapat yang diberikan oleh para ahli mengenai bahasa Indonesia buku yaitu bahasa Indonesia baku sanggup berinversi dan ada yang mengatakan bahasa Indonesia baku adalah suatu bentuk pemakaian bahasa yang menjadi model yang dapat dicontoh oleh setiap pemakai bahasa yang hendak berbahasa secara benar. Dengan demikian bahasa baku digunakan dalam suasana formal. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis meneliti kemampuan menulis kalimat baku. Data kemampuan menulis kalimat baku diperoleh dengan cara pemberian tes berupa tes melengkapi kata-kata yang sudah disiapkan, yang sebelumnya alat tes itu telah diujicobakan. Kemampuan menulis kalimat baku bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Mejayan I Caruban memiliki kemampuan sedang atau rata-rata 70,51. Dengan demikian kalimat baku dapat disimpulkan kalimat adalah kalimat yang baik dan benar yang memenuhi standar kaidah tata bahasa Indonesia baku, yang meliputi bidang sintaksis, gramatikal, semantis, morfologi, dan fonologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kalimat baku, sintaksis, gramatikal, semantis, morfologi, fonologi |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 08:07 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 08:07 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2445 |
Actions (login required)
View Item |