Analisis struktur dan nilai pendidikan novel Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal

Endarwati, Endarwati (1996) Analisis struktur dan nilai pendidikan novel Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (9MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (8MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (39MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengajaran apresiasi bahasa dan sastra Indonesia khususnya novel masih banyak menimbulkan kesulitan terutama para guru, karena apresiasi bahasa dan sastra Indonesia khususnya menganalisis novel merupakan hal baru dan alokasi waktu yang disediakan kurang, pengadaan buku-buku novel yang sedikit-sekali, sedang siswa sendiri jika diminta untuk membaca buku-buku novel kurang berminat, umumnya para siswa kalupun berminat membaca hanyalah memilih novel-novel hiburan belaka saja. Tujuan penelitian ini adalah (1) penulis ingin mengetahui lebih jelas tentang struktur dalam ‘Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal” karya Gerson Poyk. (2) Penulis ingin mengetahui lebih jelas nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada novel “Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal” karya Gerson Poyk. Metode yang dipergunakan agar berhasil mencapai tujuan adalah metode deskriptip. Metode penelitian deskriptip adalah metode penelitian yang berupaya memecahkan permasalahan yang ada pada masa sekarang dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklasifikasi kannya, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Waktu pelaksanaan penelitian skripsi ini dapat dilakukan sewaktu-waktu, meskipun penelitian ini dilakukan sewaktu-waktu, tetapi tentu saja sesuai dengan jadwal pembuatan skripsi yaitu bulan April sampai bulan Desember. Hasil penelitian ini adalah …dst..(lihat file abstrak) Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian dalam novel “Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal” karya Gerson poyk adalah sebagai berikut : (1) tema, tema yang terdapat dalam novel“Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal” adalah ketabahan dalam menghadapi kehidupan. (2) Alur, alur yang dipergunakan dalam novel “Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal” adalah alur flash back atau alur inkonvensional. (3) Penokohan atau perwatakan, penokohan atau perwatakan yang digunakan pengarang adalah menggunakan metode dramatic atau the direck or dramatic method. (4) latar atau setting latar atau setting yang di ciptakan oleh pengarang adalah setting yang bersifat fisikal dan setting yang bersifat psikologis. (5) sudut pandang yang dipakai pengarang dalam novel “Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal”adalah sudut pandang author ominiscient dan authorparticipant. (6) gaya bahasa , gaya bahasa yang dipergunakan oleh pengarang adalah gaya bahasa repetisi, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa tetorika, dan gaya bahasa asindenton. Nilai-nilai pendidikan dalam novel “Impian Nyoman Sulastri dan Hanibal” karya Gerson Poyk adalah nilai pendidikan Agama, nilai pendidikan etika atau pendidikan budi pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: struktur, nilai pendidikan, impian nyoman sulastri dan hanibal
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:33
Last Modified: 24 Feb 2023 02:49
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item