Dampak kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan servant terhadap pembelajaran organisasi dan kinerja guru SMK Kota Madiun

Hutajulu, Kesia Tripena (2014) Dampak kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan servant terhadap pembelajaran organisasi dan kinerja guru SMK Kota Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (11MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan servant terhadap kinerja guru SMK Kota Madiun melalui pembelajaran organisasi sebagai variabel pemediasi. Pengambilan sampel menggunakan metode proportional sampling. Besarnya populasi adalah 916 guru yang terdiri dari 5 SMK Negeri dan 17 SMK Swasta.Sampel yang dipakai dalam penelitian sebesar 20% dari populasi yaitu 151 guru.Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif, uji non-response bias, uji kualitas data,uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis jalur, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R2) menggunakan SPSS versi 18. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran organisasi, kepemimpinan servant berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran organisasi, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, kepemimpinan servant berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan pembelajaran organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Variabel pembelajaran organisasi memiliki peran full mediation pada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru. Variabel pembelajaran organisasi memiliki peran full mediation pada pengaruh kepemimpinan servant terhadap kinerja guru.Melalui hasil penelitian ini, diharapkan kepala sekolah SMK Kota Madiun lebih menekankan kepemimpinanannya pada perhatian pada kebutuhan dan pertumbuhan guru serta pengadaan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan pribadi guru karena kedua hal tersebut memiliki nilai terendah dibanding dengan kegiatan kepemimpinan kepala sekolah yang dijelaskan pada indikator kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional, kepemimpinan servant, pembelajaran organisasi, kinerja guru
Subjects: Faculty of Economics
Faculty of Economics > Management
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:33
Last Modified: 04 Mar 2024 06:33
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item