Pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang go publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2008-2010)

Mardiandari, Putri (2012) Pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang go publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2008-2010). Other thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Orientasi bisnis baik perusahaan luar maupun dalam negeri mulai beralih dari shareholders oriented menjadi stakeholders oriented. Berubahnya pandangan tersebut telah memunculkan sebuah konsep baru yang dikenal dengan istilah tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). Perusahaan mulai lebih memperhatikan kepentingan para stakeholders sebagai bagian dari perusahaan yang memiliki peranan penting terhadap keberlangsungan kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan tersebut dapat dilihat dari kinerja keuangan yang beberapa contohnya adalah kinerja aktivitas (ATO) dan profitabilitas (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja keuangan. Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode tahun 2008-2010 yang menerbitkan laporan keuangan selama periode penelitian di website www.idx.co.id dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dan pengumpulan data dilakukan dengan metode studi dokumentasi. Terdapat 15 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda dengan bantuan bantuan software SPSS Versi 17. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel x1 (biaya pasca kerja) berpengaruh signifikan terhadap Y (kinerja aktivitas dan profitabilitas) dengan nilai signifikan sebesar 0,044 dan 0,008. Sedangkan variabel x2 (sumbangan) berpengaruh signifikan terhadap Y1 (kinerja aktivitas) dengan nilai signifikan sebesar 0,021 dan berpengaruh tidak signifikan terhadap Y2 (kinerja profitabilitas) dengan nilai signifikan sebesar 0,397.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility), kinerja aktivitas, kinerja profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Monica Utik
Date Deposited: 17 Jun 2019 06:04
Last Modified: 17 Jun 2019 06:04
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item