Karakteristik perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang go publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2010 sampai dengan tahun 2011)

Politon, Sontry 0ktaviana (2012) Karakteristik perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang go publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2010 sampai dengan tahun 2011). Other thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Di era globalisasi ini perusahaan-perusahaan cenderung banyak mendapat tekanan baik dari segi internal maupun eksternal. Tekanan-tekanan tersebut salah satunya adalah tekanan dimana perusahaan harus melakukan tanggung jawab sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengungkapan sosial perusahaan perlu dilakukan sebagai wujud pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan, karakteristik perusahaan yang digunakan sebagai penelitian ini, antara lain: size, profitabilitas, profil, dewan komisaris, leverage, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing. Sampel yang menjadi objek penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 dan 2011 dengan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Total sampel penelitian untuk dua tahun pengamatan adalah 36 sampel, dengan mengunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa size, profil, dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR di Indonesia. Sementara itu, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage, dan kepemilikan asing tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: corporate social disclosure (CSD), karakteristik perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Monica Utik
Date Deposited: 18 Jun 2019 02:54
Last Modified: 18 Jun 2019 02:54
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item