Agustina, Sandra (2019) Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model PAKEM pada siswa kelas XI IPA SMAK Santo Bonaventura Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (493kB) |
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan matematika di tanah air saat ini sedang mengalami perubahan paradigma, tujuannya adalah agar pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa dan dapat memberikan bekal kompetensi yang memadai, baik untuk studi lanjut maupun untuk memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model PAKEM pada siswa kelas XI IPA SMAK St. Bonaventura Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAK St. Bonaventura Madiun dengan jumlah 24 siswa. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan yaitu (1) hasil observasi kemampuan guru mengajar menggunakan model PAKEM pada siklus I sebesar 2,58 mengalami peningkatan 0,76 pada siklus II sehingga menjadi 3,34. Upaya yang telah dilakukan adalah memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan kelompok yang kurang tepat, memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan dan pengurangan soal tugas kelompok dan soal tugas individu dari masing-masing 5 soal menjadi 3 soal, (2) persentase hasil observasi keaktifan siswa belajar matematika menggunakan model PAKEM pada siklus I sebesar 10% mengalami peningkatan 66,19% pada siklus II sehingga menjadi 76,19%. Upaya yang telah dilakukan adalah guru memperingatkan siswa bahwa ada punishment dan reward yang akan diberikan dalam kegiatan belajar mengajar, memberikan latihan soal dan pertanyaan terkait materi yang diajarkan dan meminta siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan, dan (3) persentase hasil tes prestasi belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 60% mengalami peningkatan 20,95% pada siklus II sehingga menjadi 80,95%. Upaya yang telah dilakukan adalah membantu siswa yang belum tuntas belajar dalam memahami materi, dan meminta siswa untuk lebih banyak belajar di rumah untuk mengerjakan latihan-latihan soal terkait materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model PAKEM, keaktifan siswa, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Indra Padma Widyawan |
Date Deposited: | 10 Aug 2019 02:01 |
Last Modified: | 10 Aug 2019 02:01 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/697 |
Actions (login required)
View Item |