Tingkat kepuasan pasien poliklinik penyakit dalam terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Griya Husada Madiun periode Maret 2019

Candra, Puputan Ayu (2019) Tingkat kepuasan pasien poliklinik penyakit dalam terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Griya Husada Madiun periode Maret 2019. Karya Tulis Ilmiah thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien seringkali dipandang sebagai suatu komponen yang penting dan menjadi prioritas utama dalam pelayanan kesehatan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang memberikan kepuasan kepada pasien adalah senantiasa melakukan strategi dan meningkatkan mutu pelayanan. Apabila mutu pelayanan yang dilakukan baik, maka akan meningkatkan kepuasan pasien. Kepuasan mempengaruhi pasien untuk kembali ke rumah sakit dan menebus obat di instalasi farmasi yang sama. Poliklinik dokter spesialis RS Griya Husada Madiun dengan rata-rata kunjungan pasien terbanyak adalah poliklinik penyakit dalam, dengan 5 orang dokter spesialis penyakit dalam dan rata-rata kunjungan pasien adalah 70 pasien setiap harinya. Tenaga teknis kefarmsian yang melakukan pelayanan kefarmasian di poliklinik dokter spesialis tersebut adalah 2 orang setiap shiftnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien poliklinik penyakit dalam terhadap pelayanan kefarmasian di RS Griya Husada Madiun, penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif dan metode survey dengan kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yaitu pasien maupun keluarga pasien yang bersedia mengisi kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability. Analisis data menggunakan persentase disertai pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien memilih jawaban puas yaitu pada dimensi kehandalan sebanyak 56%, pada dimensi ketanggapan sebanyak 49,50%, pada dimensi jaminan sebanyak 57,50% sedangkan pada dimensi empati sebanyak 50% dan pada dimensi penampilan sebanyak 45,50%. Persentase hasil pengukuran tingkat kepuasan pasien berdasarkan kriteria interpretasi skor menurut skala Likert pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di poliklinik penyakit dalam RS Griya Husada Madiun dengan persentase sebesar 60%

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, poliklinik penyakit dalam, pelayanan kefarmasian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas MIPA > Prodi D3 Farmasi
Depositing User: L. Indra Padma w
Date Deposited: 10 Jul 2020 06:44
Last Modified: 10 Jul 2020 06:44
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item