Penggunaan bahasa baku dalam karangan siswa kelas I SMK PGRI 4 Madiun tahun ajaran 2001/2002

Widayati, Widayati (2002) Penggunaan bahasa baku dalam karangan siswa kelas I SMK PGRI 4 Madiun tahun ajaran 2001/2002. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (355kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .PDF
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V .PDF

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (627kB)

Abstract

Bahasa Indonesia dalam pemakaiannya menurut atau mengikut kaidah dan norma yang benar disebut bahasa baku. Dalam kenyataan dikelas masih banyak siswa yang belum memahami bahasa baku. Hal ini terbukti sering ditemukan kesalahan siswa dalam penyusunan kalimat baku pada karangan siswa, penulisan surat izin dan penulisan naskah pidato. Kesalahan siswa itu disebutkan karena siswa belum menguasai penyusunan kalimat baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa menggunakan kalimat baku dalam karangan berdasarkan 6 ciri-ciri kalimat kalimat baku yaitu ciri sintaksis, ciri gramatikal, ciri semantic, ciri leksikal, ciri morfologis,dan ciri grafemis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian hanya menitik beratkan pada pendeskripsian satu variabel tanpa menghubungkan dengan variabel lain. Siswa kelas I SMK PGRI 4 terdiri dari 2 kelas. Mengingat jumlah siswa 55, kurang dari 100, maka seluruh siswa dijadikan objek penelitian Instrument penelitian ini adalah tes membuat karangan. Dalam hal ini tema tidak dibatasi atau bertema bebas. Pelaksanaan pengumpulan data dilakukan pada tanggal 22 mei 2002, mengambil jam mata pelajaran bahasa Indonesia. Waktu yang diperlukan 2 x 45 menit. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut : (1) terdapat 17 kesalahan sintaksis pada struktur kalimat, (2) pada ciri gramatikal terdapat 6 kesalahan yaitu pada penggunaan subjek dan objek, (3)terdapat 21 kesalahan leksikal pada penggunaan kata tidak baku, (4) ada 21 kesalahan semantik yaitu pada ketepatan makna kata, (5) terdapat 25 kesalahan morfologis yaitu pada penggunaan bentuk ulang, penggunaan afiks, dan penggunaan kata penghubung, (6) pada grafemis terdapat 14 kesalahan, disebabkan oleh penggunaan awalan di-, penulisan huruf kapital, dan penggunaan singkatan yang tdak baku. Dari 55 karangan siswa terdapat 104 kesalahan penggunaan kalimat baku. Halite terlihat bahwa siswa kelas I SMK PGRI 4 Madiun kurang menguasai penggunaan kalimat baku. Oleh karena itu, guru bahasa Indonesia perlu memperhatikan dan meningkatkan pengajaran bahasa baku Indonesia Melihat masih banyak kesalahan penggunaan kalimat baku, penulis berharap : (1) para guru bahasa Indonesia agar melatih siswa menggunakan bahasa sesuai dengan fungsinya, (2) guru hendaknya mendorong siswa agar lebih giat belajar bahasa Indonesia dan mencintai bahasa Indonesia, (3) para guru mata pelajaran lain dalam proses belajar mengajar hendaknya juga menggunakan bahasa Indonesia baku, (4) penelitian hendaknya meneliti lebih dalam tentang penggunaan bahasa Indonesia baku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahasa baku, kalimat baku, karangan
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:15
Last Modified: 26 Oct 2022 08:15
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2340

Actions (login required)

View Item View Item