Kemampuan membaca pemahaman berdasarkan taksonomi barret siswa kelas I SLTP 1 Pilangkenceng

Sadnawati, Eka Marlina (1997) Kemampuan membaca pemahaman berdasarkan taksonomi barret siswa kelas I SLTP 1 Pilangkenceng. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (9MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (4MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan modern dewasa ini. Bahkan kegiatan membaca bagi sebagian orang merupakan kebutuhan yang amat penting, walaupun masih ada sebagian orang yang tidak memperdulikan betapa pentingnya membaca itu. Kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari merupakan kebutuhan untuk memperoleh informasi. Sehingga tujuan utama membaca adalah menangkap informasi yang terdapat dalam bacaan. Kedudukan pengajaran membaca di sekolah-sekolah sangat penting, oleh karena itu kegiatan membaca merupakan salah satu jenis ketrampilan dasar yang harus dimiliki setiap siswa di samping ketrampilan dasar yang lain. Sesuai dengan tujuan akhir membaca yakni agar siswa memiliki kegemaran membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkan dalam kehidupannya sehari-hari serta memiliki kegemaran untuk membaca yang dibuat oleh Barret yang dikenal dengan Taksonomi Baaret. Strategi tersebut meliputi (1) Pemahaman harafiah , (2) Pemahaman meroorganisasi, (3) Pemahaman inferensial, (4) Pemahaman evaluative dan (5) Pemahaman apresiatif. Tujuan Penelitian ini 1. Mendapatkan gambaran rata-rata tingkat pemahaman cerpen secara keseluruhan aspek taksonomi Barret siswa kelas I SLTP I Pilangkenceng. 2. Mendapatkan gambaran rata-rata tingkat pemahaman cerpen secara harafiah siswa kelas 1 SLTP I Pilangkenceng . 3. Mendapatkan gambaran rata-rata tingkat pemahaman cerpen secara mereorganisasi siswa kelas 1 SLTP I Pilangkenceng. 4. Mendapatkan gambaran rata-rata tingkat pemahaman cerpen secara inferensial siswa kelas 1 SLTP I Pilangkenceng . 5. Mendapatkan gambaran rata-rata tingkat pemahaman cerpen secara evaluatif siswa kelas 1 SLTP I Pilangkenceng 6. Mendapatkan gambaran rata-rata tingkat pemahaman cerpen secara apresiatif siswa kelas 1 SLTP I Pilangkenceng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang diharapkan dapat memberikan kemungkinan peneliti dapat menyusun suatu gambaran obyektif tentang kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 1 SLTP I Pilangkenceng berdasarkan taksonomi Barret. Abstrak sepenuhnya dapat dilihat di file Abstrak…

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: taksonomi barret, membaca, cerpen
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:01
Last Modified: 11 Nov 2022 07:01
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item