Efektivitas metode sinektik dalam pengajaran puisi di SLTP 4 Ponorogo

Wiyati, Wiwik Kumandang (1998) Efektivitas metode sinektik dalam pengajaran puisi di SLTP 4 Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (345kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperkenalkan cara belajar kreatif dalam mengapresiasi puisi dengan menggunakan metode sinektik. Metode sinektik dapat membimbing siswa mandiri dalam memecahkan masalah, memupuk rasa empati siswa pada masalah-masalah yang ada disekitarnya. Serta yang paling penting adalah mengukur efektivitas metode sinektik dalam pengajaran puisi pada sisw SLTP. Puisi adalah ragam sastra yang khas, merupakan manifestasi pangalaman unik sang penyair dalam bahasa yang intens, terikat dengan rima, ritme, apnjang baris dan bait. Puisi mempunyai struktur fisik dan struktur batin dengan mengucapkan gagasan emosional, penuh efek keindahan, dalam suasana batin yang menyenangkan. Kreativitas sangat penting dalam belajar mengapresiasi puisi. Kreativitas juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, yang melatarbelakangi proses intelektual seseorang. Berpikir kreatif dapat membangkitkan ide-ide baru. Ide-ide baru dapat membawa anak didik terlibat masuk dalam karya puisi yang diapresiasi. Metode sinetik menggunakan tiga teknik yang saling berkaitan, yaitu (1) analogi personal yaitu tahap mengidentifikasi diri dengan masalah atau objek yang dihadapi penyair, (2) analog langsung yaitu kondisi problem nyata yang disejajarkan satu salam lain dalam situasi paralel, (3) konflik kempaan yaitu mempertahankan dua hal yang berbeda sehingga akan tercipta suatu pemahaman terhadap objek dari dua kerangka berpikir. Metode peneitian ini menngunakan metode eksprerimen kelas sederhana, dengan memberikan sejumlah pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel adalah unrestricted random yaitu sampel yang ditarik secara langsung dari populasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang telah diuji validitas dan relibiltasnya. Teknik analisis data yaitu: (1) secara deskriptif, (2) uji hipotesis. Penyajian hipotesis dengan uji-t non-independent, diperoleh hasil 29,84, berarti t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Teknik analisis (3) yaitu penyajian data dalam histogram. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode sinektik efektif untuk pembelajaran apresiasi puisi pada siswa SLTP. Karena itu, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan metode sinektik dalam pembelajaran puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode sinetik, pengajaran puisi, belajar kreatif
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:17
Last Modified: 02 Dec 2022 07:13
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item View Item