Wiyati, Wiwik Kumandang (1998) Efektivitas metode sinektik dalam pengajaran puisi di SLTP 4 Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (345kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Registered users only Download (810kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperkenalkan cara belajar kreatif dalam mengapresiasi puisi dengan menggunakan metode sinektik. Metode sinektik dapat membimbing siswa mandiri dalam memecahkan masalah, memupuk rasa empati siswa pada masalah-masalah yang ada disekitarnya. Serta yang paling penting adalah mengukur efektivitas metode sinektik dalam pengajaran puisi pada sisw SLTP. Puisi adalah ragam sastra yang khas, merupakan manifestasi pangalaman unik sang penyair dalam bahasa yang intens, terikat dengan rima, ritme, apnjang baris dan bait. Puisi mempunyai struktur fisik dan struktur batin dengan mengucapkan gagasan emosional, penuh efek keindahan, dalam suasana batin yang menyenangkan. Kreativitas sangat penting dalam belajar mengapresiasi puisi. Kreativitas juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, yang melatarbelakangi proses intelektual seseorang. Berpikir kreatif dapat membangkitkan ide-ide baru. Ide-ide baru dapat membawa anak didik terlibat masuk dalam karya puisi yang diapresiasi. Metode sinetik menggunakan tiga teknik yang saling berkaitan, yaitu (1) analogi personal yaitu tahap mengidentifikasi diri dengan masalah atau objek yang dihadapi penyair, (2) analog langsung yaitu kondisi problem nyata yang disejajarkan satu salam lain dalam situasi paralel, (3) konflik kempaan yaitu mempertahankan dua hal yang berbeda sehingga akan tercipta suatu pemahaman terhadap objek dari dua kerangka berpikir. Metode peneitian ini menngunakan metode eksprerimen kelas sederhana, dengan memberikan sejumlah pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel adalah unrestricted random yaitu sampel yang ditarik secara langsung dari populasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang telah diuji validitas dan relibiltasnya. Teknik analisis data yaitu: (1) secara deskriptif, (2) uji hipotesis. Penyajian hipotesis dengan uji-t non-independent, diperoleh hasil 29,84, berarti t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Teknik analisis (3) yaitu penyajian data dalam histogram. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode sinektik efektif untuk pembelajaran apresiasi puisi pada siswa SLTP. Karena itu, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan metode sinektik dalam pembelajaran puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode sinetik, pengajaran puisi, belajar kreatif |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:17 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 07:13 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2443 |
Actions (login required)
View Item |