Bardat, Julius (2016) Analisis campur kode dalam pamflet kegiatan kemahasiswaan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (8MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Universitas Katolik Widya Mandala Madiun memiliki mahasiswa yang berasal dari berbagai suku dan bahasa yang berbeda. Suku dan bahasa yang berbeda akan mempengaruhi mahasiswa dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulis. Tak jarang mahasiswa menggunakan percampuran bahasa ketika berkomunikasi dengan mitra tutur yang berbeda suku dan memiliki bahasa daerah yang berbeda pula. Ketika berkomunikasi acap kali mahasiswa menggunakan percampuran bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia dengan bahasa daerahnya (bahasa ibu) yang disebut campur kode. Campur kode merupakan salah satu penyimpangan bahasa dengan menggabungkan dua bahasa atau lebih dalam suatu konteks bahasa. Penyimpangan bahasa berupa campur kode banyak terdapat di Universitas Katolik widya Mandala Madiun terutama dalam Pamflet kegiatan mahasiswa. Dengan demikian, peneliti tertarik menganalisis campur kode dalam pamflet kegiatan kemahasiswaan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perwujudan campur kode,mengetahui penyebab campur kode, dan menjelaskan bentuk bahasa yang seharusnya digunakan dalam pamflet kegiatan kemahasiswaan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif. Data berupa kata, frasa, bentuk baster, dan klausa campur kode dalam teks pamflet. Hasil analisis dan pembahasan sebagai berikut: (1) Data yang terdapat pada 10pamflet sebanyak 45 data. Dari data tersebut, perwujudan campur kode dibagi menjadi 4, yaitu campur kode berwujud frasa bahasa Inggris sebanyak 23 data,campur kode berwujud kata bahasa Inggris sebanyak 19 data, campur kode berwujud bentuk baster sebanyak 2 data, dan campur kode berwujud klausa bahasa daerah kegiatan kemahasiswaan yaitu penulis ingin: (a) terlihat sebagai seseorang yang mengikuti perkembangan zaman yang kekinian (gengsi), (c) menarik perhatian mengikuti pamflet-pamflet yang pernah ia lihat sebelumnya, (e) mencari jalan penulis. Penyebab terjadinya campur kode tersebut diperoleh dari hasil wawancaradalam teks pamflet adalah bahasa Indonesia. Dengan demikian, pada bagian ini bahasa Inggris maupun bahasa ko dalam bentuk bahasa Indonesia yang dituangkan dalam tabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: bahwa analisis campur kode pada pamplet kegintan kemahasiswaan Universitas Kntolik Widya Mandala Madiun ditemukan campur kode dari bahasa Indonesia-bahasa Inggris dan Indonesin-bahasa daerah (Jawa) yangdisebabkan karena penulis ingin terlihat sebagai sescorang yang memiliki kemampuan menguasal berbagai bahasa, terlihat sebagai orang yang mengikuti perkembangan zaman yang kekinian (gengsi), menarik perhatian pembaca agar mengikuti keglatan yang diselenggarakannya,hanya sekadar mengikuti pamflet-pamflet yang pernah ia lihat sebelumnya, mencari jalan termudah untuk menyampaikan maksud dan tujuannya, dan kebutuhan kosakata penulis dengan bentuk campur kode yaitu (1) penyisipan unsur-unsur yang berwujud kata, (2)penyisipan unsur-unsur yang berwujud frasn, (3) penyisipan unsur-unsur yang berwujud baster,(4) penyisipan unsur-unsur yang berwujud perulangan kata,(5)penyisipan unsur-unsur yang berwujud ungkapan atau idiom, dan (6) penyisipan unsur-unsur yang berwujud klausa. Saran: (1) bagi pembaca, penelitian ini diharapkan berguna bagi pembaca agar dapat menghargai bahasa, (2) bagi pembelajaran bahasa, hendaknya hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai masukan bagi guru bahasa Indonesia untuk meningkatkan proses belajar mengajar bahasa Indonesia, (3) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya penelitian ini dapat dijadikan referensi dan acuan agar penelitian selanjutnya bisa lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | campur kode, pamflet kegiatan |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 08:33 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 08:33 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2740 |
Actions (login required)
View Item |