Tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan resep di Apotek Wijaya Kusuma periode April 2019

Mardani, Debey Putri (2019) Tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan resep di Apotek Wijaya Kusuma periode April 2019. Karya Tulis Ilmiah thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (750kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I KTI.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB III)
4 BAB III KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V KTI.pdf

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN KTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian di Apotek merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan yang berorientasi pada pelayanan pasien. Pelayanan kefarmasian selain menjadi tuntutan profesionalisme juga sebagai faktor untuk mengevaluasi kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan KIE, kecepatan pelayanan, dan keramahan petugas.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 320 menggunakan metode non-probability sampling. Hasil penelitian memuaskan terhadap pelayanan kefarmasian pada dimensi kehandalan yang diberikan di Apotek Wijaya Kusuma Madiun dengan data 65 % puas, 28,45 % sangat puas dalam unsur pemberian KIE terkait obat, dan 66,56 % puas, 27,51 % sangat puas pada pemberian informasi lain selain obat yang berhubungan dengan penyakit pasien. Hasil memuaskan pada dimensi ketanggapan yang diberikan di Apotek Wijaya Kusuma Madiun dengan data 61,25 % puas, 35,94 % sangat puas untuk ketanggapan petugas dalam memberikan pelayanan, sebanyak 64,68 % puas, 32,19 % sangat puas untuk pelayanan obat tanpa racikan tidak lebih dari 15 menit dimulai saat penyerahan resep dan 63,75 % puas, 32,19 % sangat puas dalam unsur pelayanan obat racikan tidak lebih dari 25 menit dimulai saat penyerahan resep. Hasil memuaskan pada dimensi keramahan petugas yang diberikan di Apotek Wijaya Kusuma Madiun dengan data 63,43 % puas, 34,69 % sangat puas pada cara dan kesopanan petugas saat penyerahan obat, sebanyak 63,12 % puas, 34,06 % sangat puas untuk kesediaan petugas menjawab pertanyaan pasien dengan baik dan ramah dan 62,81 % puas, 32,19 % sangat puas untuk kesediaan petugas mengulangi informasi obat dengan baik dan ramah jika pasien belum mengerti

Item Type: Thesis (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan, resep, apotek, pelayanan kefarmasian
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas MIPA > Prodi D3 Farmasi
Depositing User: L. Indra Padma w
Date Deposited: 10 Jul 2020 06:11
Last Modified: 10 Jul 2020 06:11
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item