Pengaruh kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian sosial

Sulistyaningsih, Ita (2015) Pengaruh kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian sosial. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan Emosi dapat mempengaruhi pada penyesuaian sosial seorang remaja. Adanya kecerdasan emosi yang tinggi oleh remaja, membantu diri dalam untuk memahami orang lain dan bertindak bijaksana dalam hubungan dengan orang lain, dan hal ini dapat berpengaruh akan kecerdasan emosi dan penyesuaian sosialnya. Selain kcerdasan emosi, interaksi teman sebaya juga mempengaruhi pada penyesuaian sosial, karena penyesuaian sosial tidak datang pada sendirinya, seorang remaja yang mau yang memiliki kemampuan interaksi teman sebaya yang positif maka akan mudah untuk membentuk penyesuaian sosial itu sendiri, dan sebaliknya apabila remaja tidak mau berinteraksi dengan teman sebaya secara negatif maka akan susah dalam proses penyesuaian sosial tersebut, jadi penyesuaian sosial sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya, dengan demikian penulis akan mengadakan penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian sosial.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas XI SMK PGRI 1 Mejayan Caruban tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 324 siswa.Teknik sampling yang digunakan penulis adalah Proportional Random Sampling.Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala kecerdasan emosi, skala interaksi teman sebaya, skala penyesuian sosial. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu :1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi : terdapat pengaruh kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial. 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap penyesuian sosial. 3) Hipotesis mayor berbunyi: terdapat pengaruh kecerdasan emosi dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian sosial. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) karena t hit > t tabel = 15,355 > 1,96 maka hipotesis minor pertama diterima. 2) karena t hit < t tabel = 0,078 < 1,96 maka hipotesis minor kedua ditolak. 3) karena F hit > F tabel = 118,177 > 1,201 maka hipotesis mayor diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, interaksi teman sebaya, penyesuaian sosial
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: (staf) Widyawan L. Indra Padma
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:31
Last Modified: 29 Apr 2021 07:31
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item