Pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa

Legimin, Legimin (2015) Pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (72kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)

Abstract

Kepercayaan diri siswa merupakan aspek kepribadian manusia yang penting sebagai sarana untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dari kepercayaan diri yang dimiliki, kesuksesan dan keberhasilan hidup seseorang seseorang akan dapat diprediksikan. Individu yang percaya diri biasanya selalu bersikap optimis dan yakin akan kemampuannya dalam melakukan sesuatu. Sebalikya, individu yang rasa percaya dirinya rendah akan mengalami hambatan-hambatan dalam hidupnya, baik dalam berinteraksi dengan individu lain maupun dalam pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status sosial ekonomi keluarga dan interaksi sosial berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 9 Madiun tahun ajaran 2014/2015, dengan sampel penelitian berjumlah 103 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah cluster random sampling. Data diperopleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala status sosial ekonomi keluarga, skala interaksi sosial, dan skala kepercayaan diri siswa. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu:1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi: status sosial ekonomi keluarga berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa, 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: interaksi sosial berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa, 3) Hipotesis mayor berbunyi: status sosial ekonomi keluarga dan interaksi sosial berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Model persamaan garis regresi Y = 16.333 + 0.080 + 1.295 hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa: 1) status sosial ekonomi keluarga berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa, terbukti t hit=0.915 < t tabel=1.990, 2) interaksi sosial berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa, terbukti t hit=9.965 > t tabel=1.990, 3) status sosial ekonomi keluarga dan interaksi sosial berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa, terbukti F hit= 50.653 > F tabel=2.295. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) hipotesis minor pertama ditolak. 2) hipotesis minor kedua diterima. 3) hipotesis mayor diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Status sosial ekonomi keluarga, interaksi sosial, kepercayaan diri siswa
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Widyawan L. Indra Padma
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:12
Last Modified: 24 Apr 2024 03:12
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item