Efektifitas konseling kelompok behavior dalam meningkatkan kualitas belajar siswa

Handayani, Ani (2014) Efektifitas konseling kelompok behavior dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok behavior dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Slahung, tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 16 yang terdiri dari 8 siswa untuk kelompok eksperimen dan 8 orang untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kualitas belajar observasi langsung dalam bentuk cheklist. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen murni. Dan menggunakan pretest dan post test control group design dengan satu macam perlakuan. Dalam penelitian ini ada dua kelompok yaitu kelompok ekperimen diberikan perlakuan konseling kelompok behavior. Sedangkan kelompok kontrol dibiarkan begitu saja tanpa diberi perlakuan. Kemudian kedua kelompok diberikan post test. Konseling kelompok behavior dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Data analisis dari pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan konseling kelompok behavior menggunakan teknik one way ANOVA kepada ke 16 subyek penelitian, menunjukkan bahwa : pada kelompok eksperimen rata-rata hitung (mean) pretest adalah 7,839 dengan skors minimal 97 dan skors maksimal 105 taraf signifikan 0,031 dan rata-rata hitung (mean) post test adalah 6,966 dengan skor minimal 77 dan skor maksimal 97 taraf signifikan 0,039, dengan homogenitas taraf signifikan pre test 0,109 dan post test 0,965. Dengan demikian terdapat penurunan skors sesudah di beri perlakuan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok behavior efektif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas belajar, konseling kelompok behavior
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: (staf) Widyawan L. Indra Padma
Date Deposited: 10 May 2021 07:08
Last Modified: 10 May 2021 07:08
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item