Penggunaan metode wisata untuk meningkatkan ketrampilan menulis narasi siswa kelas III SLTP 1 Maospati Tahun Pelajaran 2000/2001

Sukaningprapti, Eko (2001) Penggunaan metode wisata untuk meningkatkan ketrampilan menulis narasi siswa kelas III SLTP 1 Maospati Tahun Pelajaran 2000/2001. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (782kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (483kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan manusia sangat diperlukan bagi siswa disamping keterampilan berbicara. Siswa yang terampil berbicara belum tentu terampil menulis. Menulis memang merupakan kegiatan yang membosankan, sehingga sering kegiatan menulis tidak di senangi oleh para siswa. Oleh sebab itu, perlu alternatif metode pembelajaran, agar siswa menjadi senang menulis. Metode yang di coba diterapkan adalah metode wisata. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui hasil belajar menulis narasi dengan metode. Yang dimaksud metode wisata adalah kunjungan ke luar kelas untuk mengamati sesuatu, kemudian mengungkapkan kembali dalam bentuk tulisan. Wisata bukan berarti pergi jauh seperti wisata pada umumnya, tetapi bisa pergi di lingkungan sekolah, seperti perpustakaan, tempat ibadah, taman, laboratorium. Penelitian ini menggunakan metode kaji tidak (action research) pada satu kelas selama dua kali siklus. Siklus I berlangsung selama 30 hari siklus II selama 30 hari. Untuk mengetahui efektivitas tindakan, nilai siswa pretes. Efektivitas diukur dengan membandingkan nilai pretes tes, pada akhir siklus I, dan nilai postes pada akhir siklus II. Adapun pelaksanaan tindakan kelas ini di bagi menjadi dua siklus. Setiap siklus terdiri atas rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Temuan-temuan yang berupa kelemahan-kelemahan dari pelaksanaan metode wisata pada siklus I disempurnakan pada siklus II. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01 maret 2001 sampai dengan 30 mei 2001 yang belokasi di SLTP 1 Maospati, tepatnya di kelurahan Kraton kecamatan Maospati, kabupaten Magetan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SLTP Maospati tahun pelajaran 2000/2001. Sedangkan teknik pengumpulan data meggunakan alat yang berupa tes menulis narasi. Data analisis dengan statistic t. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ada perbedaan / peningkatan yang signifikan antara rata-rata nilai pretes dengan rata-rata nilai pada akhir tahun I. demikian juga terdapat peningkatan nilai rata-rata pada akhir siklus I dengan nilai rata-rata pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan agar guru dalam melaksanakaan kegiatan mengajar-belajar menulis narasi meggunakan metode wisata, juga perlu adanya motivasi guna mendorong siswa dalam kegiatan belajar-mengajar agar memperoleh hasil yang maksimal. Disamping itu, perlu ada bimbingan, jika para siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah atau persoalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis narasi, metode wisata, belajar-mengajar
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 30 May 2022 08:28
Last Modified: 30 May 2022 08:28
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item