Susilowati, Endang (2001) Kemampuan menggunakan huruf kapital dalam kalimat pada wacana deskripsi siswa kelas III SLTP 3 Magetan Tahun Pelajaran 2000/2001. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF Download (720kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (408kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (816kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (398kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Registered users only Download (401kB) |
Abstract
Dalam garis-garis besar program pengajaran (GBPP) mata pelajaran bahasa Indonesia disebutkan bahwa keterampilan menulis adalah salah satu aspek pembelajaran yang harus dicapai. Padahal menulis merupakan kegiatan yang mudah. Pada saat pembelajaran menulis siswa masih belum dapat memahami tentang ejaan, khususnya penggunaan huruf kapital. Oleh sebab itu penulis ingin meneliti seberapa tinggi kemampuan siswa kelas II SLTP negeri 3 magetan dalam menggunakan ejaan khususnya penggunaan huruf kapital. Dalam penelitian ini menulis menggunakan metode deskripsi, karena metode ini berusaha mengumpulkan data, menyusun data dan menganalisis data, kemudian menyajikan hasil analisis data apa adany. Metode deskripsi ini digunakan untuk mendeskripsi kemampuan menggunakan huruf kapital dalam kalimat pada wacana deskripsi. Populasi peneliti adalah siswa kelas III SLTP negeri 3 Magetan tahun pelajaran 2000/2001 sejumlah 218 siswa, terdiri atas kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan cara cluster sampling, sebab populasi memiliki karakteristik yang homogen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III E sebanyak 44 siswa. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrument berupa tes. Butir tes terdiri atas 40 soal, berupa menulis wacana-wacana deskripsi yang seluruh hurufnya ditulis dengan huruf kecil dan siswa diminta menggunakan huruf kapital yang benar. Data penelitian ini berupa skor yang telah diperoleh oleh siswa setelah data terkumpul, lalu dianalisis. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil bahwa tingkat kemampuan menggunakan huruf kapital dalam kalimat wacana deskripsi siswa kelas III E yang terdiri dari 44 siswa, 10 oarang siswa (22,72%) termasuk kualifikasi sangat tinggi atau kategori A, 4 orang siswa (9,09%) termasuk kualifikasi baik atau kategori B,18 orang siswa (40,90%) termasuk kualifikasi cukup atau kategori C, 9 orang siswa (20,45%) termasuk kualifikasi kurang atau kategori D, dan 3 orang siswa (6,32%) termasuk kualifikasi amat kurang atau kurang kategiri E, dan rata-rata yang dicapai adalah (66,42%) termasuk kategori C atau kualifikasi cukup. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan huruf kapital dalam kalimat pada wacana deskripsi, hendaknya guru sering memberikan latihan-latihan tentang ejaan. Guru harus mengutamakan keterampilan siswa dalam menggunakan huruf kaital
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | huruf kapital, wacana deskripsi, garis-garis besar program pengajaran |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 31 May 2022 03:35 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:35 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2292 |
Actions (login required)
View Item |