Kemampuan menggunakan kalimat efektif siswa kelas II SLTP 2 Takeran Magetan Tahun Pelajaran 2001/2002

Panti, Estu (2001) Kemampuan menggunakan kalimat efektif siswa kelas II SLTP 2 Takeran Magetan Tahun Pelajaran 2001/2002. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (376kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (92kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul kemampuan menggunakan kalimat efektif siswa kelas II SLTP 2 Takeran Magetan Tahun Pelajaran 2001/2002. Sesuai dengan judul tersebut penelitian ini menitik beratkan pada masalah kemampuan siswa dalam menggunakan kalimat efektif. Hal tersebut di latar belakangi oleh kenyataan bahwa peranan bahasa Indonesia itu sangat penting dalam proses berpikir manusia, karena bahasa merupakan alat komunikasi utama untuk melahirkan gagasan, angan-angan, dan perasaan baik secara lisan maupun tulisan. Namun, masih banyak pemakai bahasa Indonesia yang tidak mencerminkan pemakaian bahasa yang baik dan benar. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih banyak guru bidang studi selain bidang studi bahasa Indonesia itu menggunakan bahasa dengan tidak memperhatikan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal tersebut sangat bertentangan dengan usaha guru bahasa bidang studi bahasa Indonesia dan pengaruh yang lain yang pemakai-pemakai bahasa Indonesia di lingkungan masyarakat kebanyakan yang tidak berlatar belakang pendidikan bahasa Indonesia Pelajar disekolah sebagai besar bahasa Indonesia . penggunaan bahasa Indonesia mereka perlu mendapat perhatian dari guru. Salah satu bentuk perhatian itu adalah menyelidiki kemampuan mereka dalam menulis kalimat efektif. Masalah dalam penelitian ini lebih mengarahkan wawasannya kepada kemampuan menggunakan kalimat efektif. Hal itu dilakukan karena sesorang yang mampu menyusun kalimat efektif yang berarti orang tersebut memiliki kemampuan mengutarakan gagasan-gagasannya dengan memperhatikan patokan-patokan yang telah ditentukan. Kemampuan menggunakan kalimat yang efektif menuntut sesorang untuk berbahasa secara cermas, mantab, penuh daya nalar dan sempurna. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan menggunakan kalimat efektif bahasa Indonesia. Untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan tersebut penelitian telah menetapkan siswa kelas II SLTP 2 Takeran Magetan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II SLTP 2 Takeran Magetan memiliki kemampuan cukup rata-rata 72,18. Dari 44 jumlah siswa yang mendapat nilai A 16%, sedangkan yang mendapat nilai B 39%, yang mendapat nilai C 29%, yang mendapat nilai D 16%. Dengan menggunakan batas kemampuan (lulus) adalah 60%, maka di antara 44 siswa yang dikatakan mampu 37 oarang siswa atau 84%, sedangkan 16% termasuk kategori tidak mampu. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut disarankan bagi siswa yang mendapat nilai baik hendaknya dapat mempertahankan diri, sedangkan yang mendapat nilai cukup maupun kurang harus berusaha sendiri untuk memiliki kemampuan menggunakan kalimat efektif, karena kesempatan. Usaha konkret yang dapat dilakukan guru antara lain : 1. Guru memberikan latihan kepada siswa untuk membuat kaimat yang baik dan benar lalu hasilnya didiskusikan didalam kelas. 2. Guru menugasi siswa membuat karangan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemudian mengoreksi dan hasilnya dibagikan kepada siswa agar mereka mengetahui kesalahannya, lalu guru bersama siswa membahasnya di dalam kelas. 3. Guru menambah ekstra kurikuler untuk menunjang intra kulikuler yaitu dengan mengadakan lomba karya tulis atau mengarang, menerbitkan majalah dinding. Menerbitkan majalah sekolah. Bagi peneliti lanjut diharapkan mampu menelaah masalah sejenis lebih baik menuju kesempurnaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kalimat efektif, bahasa
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 31 May 2022 04:11
Last Modified: 31 May 2022 05:01
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item