Hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia dengan perolehan Nilai Ebtanas Murni (NEM) mata pelajaran yang lain pada siswa SLTP Negeri 1 Karangrejo tahun pelajaran 1999/2000

Sunarno, Sunarno (2001) Hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia dengan perolehan Nilai Ebtanas Murni (NEM) mata pelajaran yang lain pada siswa SLTP Negeri 1 Karangrejo tahun pelajaran 1999/2000. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (377kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .PDF

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .PDF
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam berbahasa secara tepat dan kreatif, meningkatkan kemampuan berfikir logis dan bernalar, kematangan emosional dan social, serta meningkatkan kepekaan perasaan dan kemampuan siswa untuk memahami dan meminati karya sastra. Dari tujuan pembelajaran bahasa Indonesia diatas kiranya keberhasilan pembelajaran bahasa Indonesia akan berpengaruh secara positif terhadap keberhasilan mata pelajaran yang lain, siswa yang berhasil dalam pembelajaran bahasa Indonesia akan menjadi siswa yang kreatif, kritis, bernalar, intelek, dan berwawasan luas. Sehingga dalam menempuh evaluasi belajar tahap akhir nasional (ebtanas) akan mampu memahami bahasa soal, bahasa jawaban yang disediakan, yang pada akhirnya siswa dapat memilih dan memberi jawaban yang tepat dan benar. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara prestasi nilai ebtanas murni (NEM) bahasa Indonesia dengan perolehan NEM mata pelajaran yang lain, yaitu pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn). Ipa, ips, matematika, dan bahasa inggris, khusunya pada siswa SLTP negeri 1 karangrejo tahun pelajaran 1999/2000. Metode yang digunakan adalah metode penelitian historis yaitu suatu metode yang digunakan seorang peneliti yang bermaksud mengungkapkan peristiwa atau kejadian pada masa lalu. Metode ini juga disebut metode dokumenter, yaitu metode penggumpulan data dengan mengadakan penelitian terhadap bahan-bahan tertulis yang ada hubungannya dengan tujuan penelitian. Untuk menjawab permasalahan yang ada penulis menggunakan analisis statistik dengan korelasi product moment, dengan menggunakan dua variabel, yaitu variabel X untuk nilai NEM bahasa Indonesia, variabel Y untuk nilai NEM yang lain/ppkn/ipa/ips/matematika/bahasa inggris. Berdasarkan hasil penelitian, setelah melalui setelah analisis terhadap data-data yang tersedia dapat ditarik suatu pokok-pokok hasil penelitian yaitu hasil analisis statistik dengan korelasi product moment terhadap hipotesis terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar bahasa Indonesia dengan perolehan nilai ebtanas murni (NEM) mata pelajaran yang lain pada siswa SLTP negeri 1 karangrejo tahun pelajaran 1999/2000” telah teruji dengan hasil analisis statistik dengan korelasi product moment dengan hasil uji : 1. Bahasa Indonesia dengan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) memperoleh hasil r hitung=0, 488 2. Bahasa Indonesia dengan matematika memproleh hasil r hitung 0,578 3. Bahasa Indonesia dengan ilmu pengetahuan alam (IPA) memperoleh hasil r hitung=0,713 4. Bahasa Indonesia dengan ilmu dengan ilmu pengetahuan sosial (IPS) memperoleh hasil hitung = 0,666 5. Bahasa Indonesia dengan bahasa inggris memperoleh hasil r hitung = 0,746 6. Bahasa Indonesia dengan NEM lima mata pelajaran yang lain memperoleh hasil r hitung =0,382 Sedangkan r tabel 5% adalah 0,334 dengan demikian karena r hitung lebih besar dari r tabel ini berarti nilai yang diperoleh dalam penelitian telah melebihi batas angka penolakan hipotesis nol, jadi tersebut adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, bahasa Indonesia, NEM
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:21
Last Modified: 21 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2313

Actions (login required)

View Item View Item