Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Kaibon 03 Kabupaten Madiun semester II tahun ajaran 2003/2004

Tristyananto, Rino Hendrik (2004) Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Kaibon 03 Kabupaten Madiun semester II tahun ajaran 2003/2004. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (477kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (329kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (398kB)

Abstract

Dalam konteks pendidikan modern, perpustakaan sekolah merupakan bagian yang sangat penting dalam menunjang mutu pendidikan atau perlengkapan pendidikan yang memiliki kekuatan dan kemampuan langsung dalam mempengaruhi mutu pendidikan itu sendiri, dan merupakan bagian terpadu dalam kurikulum pendidikan. Selain itu perpustakaan juga merupakan sumber belajar mengajar. Oleh karena itu, perpustakaan yang baik merupakan syarat yang mutlak dalam kerangka pendidikan masa sekarang. Dalam konsep pendidikan sekarang, perpustakaan merupakan jantungnya sekolah. Perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik dapat dijadikan sebagai sarana untuk memenuhi dan mendorong berbagai perhatian dan keingintahuan para siswa. Dengan demikian perpustakaan sekolah dapat berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, pusat penelitian sederhana dan pusata membaca guna menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi. Melihat betapa pentingnya perpustakaan bagi peningkatan prestasi belajar siswa . sangat diharapkan orang tua dan guru mendorong dan memotivasi para siswa untuk memanfaatkan perpusatkaan dengan maksimal guna meningkatkan prestasi belajar mereka. Dalam penelitian ini, dirumuskan masalah penelitian yaitu: (a) Untuk mengetahui seberapa jauh siswa kelas V semester II SDN Kaibon 03 tahun ajaran 2003/2004 memanfaatkan perpustakaan sekolah. (b) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V semester II SDN 03 tahun ajaran 2003/2004. (c) Apakah ada hubungan pemanfaatan perpusatakaan sekolah dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V semester II SDN Kaibon 03 tahun 2003/2004? Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui seberapa jah siswa kelas V semester II SDN Kaibon 03 tahun ajaran 2003/2004 memanfaatkan perpustakaan sekolah, (b) mengetahui prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V semester II SDN Kaibon 03 tahun ajaran 2003/2004, (c) mengetahui ada atau tidak ada pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kela V semester II SDN Kaibon 03 tahun ajaran 2003/2004. Penelitian ini menggunakan metode survey dan metode diskriptif. Metode survey adalah metode penelitian yang mengambil sampel dan populasi dan menggunakan questioner sebagai alat pengumpul data yang pokok . Metode diskriptif adalah untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomena social tertentu. Pada penelitian ini, peneliti akan melihat hubungan dua variable yaitu pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan teknik angket atau questioner dan teknik dokumentasi. Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas V SDN Kaiobon 03 Madiun sebanyak 27 siswa . Oleh karena sampel, sehingga penelitian dikenakan pada semua anggota populasi. Setelah data yang dibutuhkan dalam penelitian diperoleh, maka untuk memperoleh kesimpulan tentang penelitian ini, digunakan teknik korelasi yaitu korelasi product moment. Penafsiran hasil penelitian menurut angka indeks korelasi product moment menggunakan dua cara yaitu dengan penafsiran sederhana dan dengan mengacu pada table nilai r product moment. Berdasarkan pengolahan data dengan korelasi product moment diperoleh angka indeks korelasi atau r hitung sebesar 0,796. Penafsiran dengan cara sederhana, yaitu dengan memperhatikan besarnya nilai r hitung tersebut, besarnya berkisar antara 0,7-0,9. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan kuat antara pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa dan prestasi belajar pada bidang studi bahasa Indonesia. Sedangkan dengan mengacu pada table korelasi product moment dengan taraf signifikan r sebesar 1% (0,01) dengan df=25, diketahui r table sebesar 0,505. Sehingga diperoleh hasil bahwa r hitung (=0,796).r table (=0,505), sehingga diperoleh kesimpulan terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diperoleh kesimpulan yaitu: (a) Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pemanfaatan perpustakaan oleh siswa kelas V SDN Kaibon 03 Madiun semester II tahun ajaran 2003/2004 sangatlah tinggi. (b) Dari penelitian ini diketahui bahwa siswa kelas V SDN Kaibon 03 Madiun semester II tahun ajaran 2003/2004 memiliki prestasi belajar yang sangat bagus. (c) Bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Kaibon 03 Madiun semester 11 tahun ajaran 2003/2004. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka penulisan mengajukan saran-saran sebagai berikut : (1) untuk siswa agar meningkatkan kesadaran membaca di perpustakaan, sehingga prestasi belajar bahasa Indonesia dapat ditingkatkan, (2) untuk mengajar yaitu (a) Agar guru lebih menguasai bahan dan terampil menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada agar siswa berhasil dalam belajarnya, (b) menggunakan metode-metode apakah yang paling efisien dan cara memanfaatkan perpustakaan yang ada. (c) diharapkan agar guru bidang studi bahasa Indonesia khususnya, untuk mengadakan kunjungan ke perpustakaan, dan secara kontinu mendiskusikan materi-materi yang disampaikan, mungkin diantara materi tersebut ada hubungan, sehingga dapat menggunakan buku-buku yang ada di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan, perpustakaan sekolah, prestasi belajar
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:42
Last Modified: 31 Oct 2022 06:42
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item