Analsisi bahasa Indonesia dalam media cetak

Sumarti, Sumarti (1997) Analsisi bahasa Indonesia dalam media cetak. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Dalam era perdagangan bebas, informasi sangat diperlukan orang, baik untuk memperkenalkan maupun untuk menjual barang dan jasa. Hal ini dapat dilakukan melalui iklan. Iklan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan disampaikan dengan menggunakan alat yang disebut bahasa, yaitu bahasa iklan. Bahasa iklan itu harus menarik serta mengikat sehingga memerlukan kata-kata dan cara-cara penuturan yang berbeda dengan bahasa umum. Berkaitan dengan latar belakang di atas skripsi ini akan membahas bahasa iklan dalam majalah atau surat kabar. Hal-hal yang dibahas meliputi bentuk bahasa yang dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu iklan dalam bentuk frasa, iklan dalam bentuk kalimat dan iklan dalam bentuk wacana. Di samping itu juga pilihan kata merupakan hal yang sangat penting dalam iklan. Sesuai dengan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk wacana dalam iklan. 2. Mendeskripsikan teknik-teknik persuasi dalam iklan. 3. Menelaah struktur pesan dalam iklan. 4. Menelaah pilihan kata yang terdapat dalam iklan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif artinya peneliti mendeskripsikan data atau mengolah data apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Data yang berupa bahasa iklan itu diambil dari sumber data majalah, Koran sejumlah tiga puluh eksemplar. Analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu menggolongan bentuk, menjelaskan dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penentuan bahasa iklan atau wujud bahasa iklan adalah wacana dengan berbagai variasi yaitu yang berupa kata atau frasa atau kalimat dan wacana lengkap. Wacana yang berupa kata, frasa atau kalimat itu diikuti oleh unsur non verbal sebagai pelengkap wacana. Struktur kalimat yang digunakan adalah S-P misalnya: Sunlight krim sinar matahari. Di samping itu struktur P-S misalnya: Ditanggung halal Ajinomoto. Juga struktur S-P-O, contoh: Masker pelembut wajah ekstrak temu giring dan tablet memberikan kelembutan alami : Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan hal-hal sebagai berikut: 1. Bagi penulis iklan: Penulis iklan perlu memperhatikan unsur kebahasaan dalam iklan yang meliputi pilihan kata, pemilihan kalimat, wacana, dengan cara menarik. 2. Bagi guru bahasa Indonesia . Guru bahasa Indonesia dapat memanfaatkan iklan sebagai salah satu alternative bahan pengajaran bahasa di SMK. 3. Bagi peneliti lanjut. Penelitian yang dilakukan ini masih terbatas pada iklan yang ada di Koran, atau majalah. Peneliti lain dapat memperluas jangkauan penelitian ini dengan membahas iklan dalam komunikasi lisan, misalnya melalui radio atau televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahasa indonesia, media cetak, iklan
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:56
Last Modified: 16 Nov 2022 03:56
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item