Analisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (studi empiris pada konsumen detergen so klin di Kelurahan Pandean Kabupaten Madiun)

Wijaya, Erlia Wahyu Sun (2007) Analisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (studi empiris pada konsumen detergen so klin di Kelurahan Pandean Kabupaten Madiun). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil bidang penelitian pemasaran dengan topik perilaku konsumen khususnya mengenai pengaruh kualitas dan kepuasan terhadap loyalitas merek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, apakah kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas merek, apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas merek, dan apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas merek dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang ada di Kelurahan Pandean, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Jumlah ibu rumah tangga di Kelurahan Pandean pada tahun 2006 adalah sebesar 612 jiwa. Ibu rumah tangga diteliti atas penggunaan produk detergen So Klin. Sampel yang diambil adalah sebesar 92 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampel wilayah (area probability sample) dan sampel bertujuan (purposive sample). Dalam penelitian ini, pertimbangan yang digunakan adalah ibu rumah tangga yang ada di Kelurahan Pandean, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun yang menggunakan detergen So Klin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi (sederhana dan berganda), Analisis Korelasi, Koefisien Determinasi (R²), dan Uji Hipotesis {Uji t dan Analisis Jalur (Path Analysis)}. Dari analisis jalur diperoleh besarnya pengaruh langsung, yaitu pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas merek sebesar 0,235. Sedangkan pengaruh tidak langsung, yaitu pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas merek dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening sebesar 0,385. Karena pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung maka penelitian ini menemukan bukti bahwa loyalitas merek dipengaruhi oleh kualitas produk dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dengan cara memperbaiki kualitas melalui inovasi-inovasi produk serta pemasaran yang mampu menarik minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas, kepuasan, loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Monica Utik
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:32
Last Modified: 08 Aug 2019 03:32
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item