Efektivitas pendekatan saintifik berbasis model quantum teaching terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Suriantini, Matea (2019) Efektivitas pendekatan saintifik berbasis model quantum teaching terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (495kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik berbasis Quantum Teaching lebih baik dibandingkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMPN 14 Madiun dengan materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment Design dengan desain The Nonquivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling menghasilkan 2 kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa sedangkan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa tahun ajaran 2018/2019. Pada kelas eksperimen siswa diajar menggunakan pendekatan saintifik berbasis Quantum Teaching sedangkan pada kelas kontrol siswa diajar menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Sebelum pengambilan data, instrumen penelitian tersebut diujicobakan pada kelas yang bukan sampel penelitian untuk mengetahui reliabilitasnya. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian kemampuan menyelesaikan soal cerita sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata tes kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik berbasis Quantum Teaching sebesar 39,583 sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik sebesar 27,833. (2) Dari skor data postes dikurangi pretes kemampuan menyelesaikan soal cerita diuji normalitas pada kelas eksperimen dengan nilai Lobs = 0,086 dan Ltabel = 0,1681 sedangkan kelas kontrol dengan nilai Lobs = 0,008 dan Ltabel = 0,173. Dari hasil tersebut Lobs DK. (3) Pengujian hipotesis menggunakan uji dengan taraf nyata 0,05 dan diperoleh nilai t = 2,136 maka H0 ditolak. Dengan demikian sesuai dengan hipotesis penelitian, sehingga pembelajaran pendekatan saintifik berbasis Quantum Teaching lebih baik dari pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: quantum teaching, soal cerita, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Indra Padma Widyawan
Date Deposited: 10 Aug 2019 02:12
Last Modified: 10 Aug 2019 02:12
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item View Item