Subandono, Agus (2014) Pengaruh pemahaman diri dan komunikasi interpersonal terhadap pemilihan karir siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (903kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Download (22kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Setiap orang memerlukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Peranan pekerjaan sangatlah besar dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terutama kebutuhan ekonomis, sosial, dan psikologis. Pemilihan karir atau pekerjaan merupakan salah satu problema yang dihadapi oleh setiap individu. Namun alangkah baiknya jika kita mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan hobi sesuai dengan diri kita masing-masing. Oleh karena itu setiap individu diharapkan mampu memahami dirinya sendiri untuk mendapatkan karir atau pekerjaan sesuai yang diinginkan. Dalam pemilihan karir tidak hanya dibutuhkan pemahaman diri saja, akan tetapi didalam interaksi kehidupan bermasyarakat keterampilan komunikasi interpersonal juga sangat diperlukan. Sehingga Melaui ketrampilan komunikasi interpersonal yang baik, seseorang akan lebih mudah dalam mencari informasi tentang karir, memilih pekerjaan maupun dalam bekerja sama. Masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah pemahaman diri dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman diri dan komunikasi interpersonal terhadap pemilihan karir siswa Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK PGRI Wonoasri, tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari kelas XII APK 01=47 siswa, XII AKUNT 01=51 siswa, dan XII PM 01=50 siswa, dengan jumlah total 148 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah Cluster Sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket berbentuk skala yaitu skala pemahaman diri, skala komunikasi interpersonal dan skala pemilihan karir siswa Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman diri terhadap pemilihan karir siswa dengan t : 27,356 > 1,900. Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap pemilihan karir siswa dengan t : 2,544 > 1,900. Terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman diri dan komunikasi interpersonal terhadap pemilihan karir siswa R = 0,988, F = 2907,211 dengan taraf signifikansi 0,000, sumbangan efektif 97,5%. Artinya 97,5% pemilihan karir siswa dipengaruhi oleh pemahaman diri dan komunikasi interpersonal sedangkan sisanya 2,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman diri, komunikasi interpersonal, pemilihan karir siswa |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | (staf) Widyawan L. Indra Padma |
Date Deposited: | 07 May 2021 04:40 |
Last Modified: | 07 May 2021 04:40 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
View Item |