Tema dan diksi sajak-sajak Rendra dalam kumpulan sajak potret pembangunan dalam puisi

Arismawati, Diana (2002) Tema dan diksi sajak-sajak Rendra dalam kumpulan sajak potret pembangunan dalam puisi. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (377kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (192kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sastra sebagai seni juga merupakan manifestasi kehidupan secara utuh dan tampil sebagai karya sastra yang utuh pula. Melalui hasil karya sastra kita dapat mengetahui berbagai aspek kehidupan, seperti aspek : mora, ketetapan berekspresi, keserasian, dan keagungan. Karya sastra merupakan cermin yang dimiliki peran dalam membentuk kepribadian seseorang Tujuan penelitian ini adalah : 1) inginmengetahui tema sajak-sajak rendra dalam kumpulan sajak potret pembangunan dalam puisi, 2) ingin mengetahui diksi sajak-sajak rendra dalam kumpulan sajak potret pembangunan dalam puisi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Karena itu pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi teks. Kemudian data tersebut dianalisis sesui dengan masalah yang akan diamati Yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu sajak-sajak dalam buku kumpulan sajak potret pembangunan dalam puisi karya Rendra. Dalam puisi ini penulis ingin menganalis tema dan diksi. Puisi yang penulis analisis dalam kumpulan sajak potret pembangunan dalam puisi karya Rendra di antara : aku tulis pamlet ini, sajak sebatang lisong, sajak anak muda, sajak SLA, sajak seonggok jagung, sajak gadis dan majikan, sajak tangan, sajak pertemuan mahasiswa, sajak potret keluarga, sajak burung-burung kondor, sajak sebotol bir, sajak pulau Bali, sajak mata-mata, nota bene : aku pengen, hai kamu! Pamplet cinta, orang-orang miskin, sajak Joki Tobing untuk Widuri, sajak Widuri untuk Joki Tobing, sajak kenalan lamamu, sajak matahari, lagu seseorang gerilya, dan sajak seorang tua dibawah pohon Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan : (1) dalam sajak potret pembangunan dalam puisi karya Rendra secara keseluruhan bertemakan keadilan social. Dan tema tersebut dikelompokkan menjadi empat subtema yaitu kritik terhadap dunia pendidikan, kritik terhadap ketidakadilan, kritik terhadap keadaan politik, dan kritik terhadap adanya dekadensi moral. Selain keempat subtema juga ada sajak yang bertema renungan pribadi. (2) diksi merupakan pilihan kata untuk mengungkapkan suatu gagasan. Dalam buku kumpulan sajak potret pembangunan dalam puisi pilihan kata yang digunakan oleh Rendra merupakan ciri khas puisinya. Pilihan kata khas menunjukkan kreativitas penyair. Kata-kata yang digunakan oleh Rendra adalah kata-kata yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari dan mungkin sebagai besar terlalu kasar untuk sebuah puisi, ia tampaknya tidak mengenal bahasa tabu. Pada sebagian puisi-puisinya, Rendra menekan perasaan-perasaan benci, rindu, cinta, dan kasihan. Dengan skripsi ini penulis berharap dapat masukan pada diri pribadi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Penulis menyarankan sebagai kaum muda hargailah karya-karya penyair dengan sebaik-baiknya dan syukur bisa mengikuti jejaknya dengan lebih baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tema, diksi, sajak, potret
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:37
Last Modified: 26 Oct 2022 02:37
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2333

Actions (login required)

View Item View Item