Kemampuan menulis surat izin siswa kelas III SLTP Negeri 2 Wungu Madiun tahun ajaran 1997/1998

Sudarmi, Sudarmi (1998) Kemampuan menulis surat izin siswa kelas III SLTP Negeri 2 Wungu Madiun tahun ajaran 1997/1998. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .PDF

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Menulis sebagai salah satu aspek ketrampilan berbahasa yang sangat penting karena pada dasarnya sebagian besar mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah memerlukan ketrampilan menulis. Untuk itu ketrampilan menulis perlu diajarkan di sekolah-sekolah. Menulis surat izin bagi siswa merupakan hal yang sangat penting karena para siswa suatu saat akan mempergunakannya sebagai keterangan ketidakhadirannya di sekolah. Oleh karena itu para siswa perlu diberi bekal pengetahuan dan ketrampilan menulis. Salah satu diantaranya adalah menulis surat izin. Biasanya para siswa dalam menulis surat izin kurang memperhatikan aturan-aturan yang berlaku, misalnya dalam hal : Penggunaan ejaan, struktur kalimat, pilihan kata maupun bentuk surat yang baik dan benar. Kesalahan yang dilakukan para siswa tersebut merupakan masalah yang perlu dikaji secara ilmiah. Oleh karena itu, masalah ini menjadi pembahasan menulis dalam penelitian ini. Berkaitan dengan hal di atas masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Sebenarnya tinggi kemampuan siswa SLTP Negeri 2 Wungu dalam menulis surat izin. Masalah pokok di atas dapat dirinci menjadi beberapa Sub masalah sebagai berikut : Seberapa tinggi kemampuan siswa dalam menulis ejaan dalam surat izin, seberapa tinggi kemampuan siswa dalam memilih kata-kata yang tepat dalam surat izin, seberapa tinggi kemampuan siswa dalam menulis kalimat secara benar dalam surat izin. Sesuai dengan masalah di atas, tujuan penelitian ini mendapatkan gambaran mengenai kemampuan menulis surat izin bagi siswa SLTP Negeri 2 Wungu yang meliputi berbagai aspek antara lain: aspek ejaan, pilihan kata, dan kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, artinya peneliti ingin memperoleh gambaran mengenai kemampuan menulis tersebut apa adanya tanpa memberikan perlakuan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seuruh siswa SLTP Negeri 2 Wungu. Sampel diambil secara cluster random sampling dari enam kelas itu. Dengan cara itu diperoleh sampel satu kelas yaitu kelas III D berjumlah 41 siswa . Untuk menjaring data digunakan instrumen yang berupa tes yang dilakukan pada tanggal 05 Agustus 1998. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam menulis surat izin sedang . Dalam hal ejaan dan tanda baca kemampuan mereka kurang. Dalam hal pilihan kata kemampuan mereka cukup. Dalam hal penulisan kalimat kurang. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan agar guru bahasa Indonesia memberi perhatian yang lebih terhadap hal-hal yang belum diteliti dalam penelitian ini. Misalnya: minat menulis siswa, kebiasaan menulis tanpa memperhatian bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: surat izin siswa, ejaan, pilihan kata, kalimat
Subjects: Faculty of Teacher Training and Education
Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Petrus Suwandi
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:32
Last Modified: 25 Nov 2022 08:32
URI: http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item View Item