Marmi, Marmi (1996) Penggunaan kalimat dalam skripsi jurusan Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF Download (8MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.PDF Download (5MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Download (268kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Bahasa Indonesia mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Salah satu peranan bahasa Indonesia ialah sebagai alat komunikasi untuk melahirkan batin,pikiran, perasaan, pengalaman, gagasan , pendapat, kemauan, harapan dan sebagainya baik secara lisan maupun tertulis. Sebagai alat komunikasi dengan sendirinya bahasa itu harus diterapkan secara betul dalam pemakaiannya, sebab kalau pemakaian bahasa tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang telah ditetapkan oleh masyarakat pemakai bahasa maka bahasa yang telah ditetapkan oleh masyarakat pemakai bahasa maka bahasa sebagai alat komunikasi tidak mencapai sasaran yang tepat. Penggunaan bahasa yang baik dan benar sebenarnya tidak bersifat kaku, karena bahasa yang baik dan benar digunakan sesuai dengan keadaan situasinya dan kalimatnya boleh baku boleh tidak. Sedangkan kalimat baku digunakan dalam situasi yang resmi karena situasi yang resmi di tandai oleh sifat-sifat serius, tidak mempribadi dan penuh dengan pikiran (ide-ide). Selain itu, bahasa yang baku akan mempengaruhi kejelasan isi teks, karena bahasa yang baku merupakan yang mudah dipahami atau dimengerti dan sudah memenuhi aturan ketatabahasaan. Dalam penulisan skripsi ke bakuan bahasa sangat diperlukan agar ide-ide atau gagasan yang disampaikan akan mudah dipahami oleh pembaca. Penulis melakukan penelitian terhadap penggunaan kalimat pada skripsi jurusan pendidikan matematika, untuk mengetahui apakah orang yang berpikiran logis juga menggunakan bahasa yang logis? Dalam melakukan penelitian penulis mencoba memberikan sedikit gambaran tentang cara menentukan suatu kalimat baku. Adapun tujuan penulis mengadakan penelitian terhadap penggunaan kalimat dalam skripsi jurusan pendidikan matematika sebagai berikut: 1. Mengetahui sejauh mana kebakuan kalimat yang digunakan di dalam skripsi jurusan pendidikan matematika 2. Mengetahui penyebab ketidakbakuan kalimat yang digunakan dalam skripsi jurusan pendidikan matematika 3. Mengetahui penggunaan ejaan yang disempurnakan apakah sudah digunakan secara baik. Bahasa baku ialah ragam bahasa yang tidak mengandung ciri-ciri fonologis, leksikal, dan grmatikal yang khusus menandai bahasa daerah , dialex setempat atau asing, melainkan bahasa yang telah sah, resmi menjadi bahasa Indonesia, sedangkan yang dimaksud kalimat baku ialah kalimat yang logis, disusun menurut struktur kaidah bahasa Indonesia yang dapat digunakan dalam situasi formal atau non formal. …dst. Cara yang digunakan penulis dalam menganalisis kalimat adalah dengan menyajikan contoh-contoh kalimat, kemudian kalimat tersebut dianalisis berdasarkan ciri-ciri kalimat baku berarti kalimat tersebut tidak baku, maka simpulan yang dapat disampaikan penulis dalam penelitian ini bahwa kalimat baku harus ditandai ciri gramatikal, sintaksis, semantic, morfologis, leksikal dan grafemis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat komunikasi, kalimat baku, pendidikan matematika |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 04:16 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 04:16 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2487 |
Actions (login required)
View Item |