Wahyuningsih, Sri (1996) Cerpen-cerpen majalah horizon tahun 1990 tema, alur cerita, dan nilai pendidikan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF Download (10MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.PDF Download (4MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (24MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.PDF Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.PDF Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Cerpen-cerpen majalah horizon tahun 1990: Tema, alur cerita, dan nilai pendidikan”. Sesuai dengan judulnya, maka horizon sebagai bahan kajian karena majalah horison pada saat ini merupakan satu-satunya majalah sastra yang dapat dijadikan tolok ukur perkembangan sastra. Majalah horison yang dijadikan kajian penulis adalah majalah horison tahun 1990. Bagi penulis majalah horison tahun 1990 sebagai bahan kajian tidak terlalu lama dalam arti tidak kedaluwara dalam hal perkembangan sastranya maupun pengarangnya. Di samping itu yang menyebabkan penulis mengadakan penelitian adalah, bahwa pengajaran sastra lebih mengutamakan apresiasi sastra, maka sastra sebagai salah satu karya seni bukan untuk dihafalkan tetapi dinikmati, digauli isinya agar kita dapat memperoleh tambahan kekayaan batiniah. Dengan demikian kita akan menjadi manusia yang bijaksana dalam kehidupan. Dari hasil pembahasan ini penulis berharp bahwa pembahasan masalah ini dapat memberi informasi, pengertian, dan pemahaman yang mendalam bagi para pembaca pada umumnya dan bagi peminat sastra pada khusunya mengenai tinjauan tema, alur dan nilai pendidikan cerpen yang termuat dalam majalah horison tahun 1990. Memberikan pengetahuan secara ringkas kepada pembaca tentang tema, alur, dan nilai pendidikan. Merangsang peneliti lain untuk melengkapi keterbatasan penelitian ini, baik mengenai strategi, pendekatan materi, maupun materi penelitian yang lain. dst Pelaksanaan penelitian diadakan di perpustakaan dan di rumah peneliti sendiri ..berdasarkan data yang diperoleh dan dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa jumlah cerpen yang diteliti penulis ada 12 buah judul cerpen . dst.. Dari ke 12 buah judul cerpen yang dianalisis penulis ada empat buah judul cerpen yang mempunyai kemiripan tema, Sembilan buah judul yang mempunyai nilai pendidikan sama. Dan bila ditinjau dari alur ceritanya ke-12 cerpen yang terdapat dalam majalah horison tahun 1990 dari bulan Januari sampai bulan Desember mempunyai alur cerita yang sama yaitu alur cerita konvensional. Kata kunci: cerpen majalah horison, , tema, alur cerita, nilai pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | majalah horison, alur cerita, nilai pendidikan |
Subjects: | Faculty of Teacher Training and Education Faculty of Teacher Training and Education > Education of Indonesian Language and Literature |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petrus Suwandi |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 06:51 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 06:51 |
URI: | http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/2489 |
Actions (login required)
View Item |